JakartaBicara.Com Sosial & Budaya Pagelaran Tayub dan Campursari Menjadi Penutup Digelaran Sedekah Bumi Desa Papasan

Pagelaran Tayub dan Campursari Menjadi Penutup Digelaran Sedekah Bumi Desa Papasan

Spread the love

JakartaBicara, Jepara – Pemerintah Desa Papasan kecamatan Bangsri kabupaten Jepara, siang ini menggelar tradisi sedekah bumi yang diselenggarakan di kediaman Petinggi Papasan.

Dalam keterangannya pada Awak Media, M. Idam Kholiq. SH., Mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian dari sedekah bumi yang telah dilaksanakan pada waktu sebelumnya.

Sedekah bumi di desa Papasan sudah menjadi tradisi yang membudaya dan turun temurun di tengah tengah masyarakat, diantaranya seperti seni musik Jawa yaitu gamelan, ucapnya. Senin, (25/07/2022).

Lebih lanjut, Idam Kholiq menambahkan kegiatan ini terlaksana berkat kebersamaan masyarakat dan khususnya panitia sedekah bumi.

Baik pribadi maupun atas nama pemerintah desa mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiatan tersebut, dari mulai hari Minggu, 24 Juli 2022 penyembelihan kerbau.

Kemudian malamnya dilanjutkan dengan Selametan tasyakuran sedekah bumi.

Dan untuk hari ini Senin, 25 Juli 2022 dilanjutkan dengan gelar budaya Tayub, dan dipengujung acara ditutup dengan “Grompol” yang diikuti oleh semua perangkat desa, tutupnya Kholiq.
(Yusron)

1 Likes

Author: admin