JakartaBicara.Com Pendidikan Lomba PBB dan TUB Tanamkan Jiwa Disiplin Siswa-Siswi SMA/SMK Sederajat di Wilayah Kodim 1310/Bitung

Lomba PBB dan TUB Tanamkan Jiwa Disiplin Siswa-Siswi SMA/SMK Sederajat di Wilayah Kodim 1310/Bitung

Spread the love

JakartaBicara, Bitung – Sudah Empat Hari Lapangan Tenis dan Lapangan Upacara depan Makodim 1310/Bitung dari pukul 08.00 hingga 15.00 Wita dipenuhi oleh ratusan pelajar SMA/SMK Sederajat.

Mereka adalah peserta lomba PBB dan TUB dari SLTA di Wilayah Kodim 1310/Bitung baik dari Kabupaten Minahasa Utara maupun dari Kota Bitung, yang datang ke Makodim untuk megikuti lomba PBB dan TUB yang digelar Kodim dalam rangka HUT RI Ke-77 Tahun 2022.

Lomba digelar selama 5 (lima) hari yakni Senin s.d Jumat tanggal 01-05 Agustus 2022.
Lomba PBB diikuti sebanyak 23 tim dari sekolah setingkat SLTA di wilayah Kodim 1310/Bitung.
Tiap kelompok lomba PBB berjumlah 27 orang terdiri dari 24 orang peserta dan 1 orang sebagai pemimpin yang memberi aba aba serta 2 cadangan.

“Masing masing kelompok diberikan waktu 15 menit dihitung pada saat Dantim laporan. Aba aba dilaksanakan secara berurutan dalam waktu yang sudah ditentukan, apabila dalam unsur gerakan tidak dilaksanakan akan berpengaruh pada penilaian,” ujar Letda Mar Muh. Subkhan selaku salah satu Tim penilai lomba.

Lanjutnya, unsur-unsur gerakan yang harus diperagakan dibagi menjadi 3 yakni pertama, gerakan ditempat (periksa kerapian, berhitung, istirahat, penghormatan, dll), kedua, gerakan perubahan arah (hadap kanan kiri, hadap serong kanan kiri, melintang kanan kiri, tiap tiap banjar dua kali belok kanan maupun kiri), yang ketiga, gerakan berjalan (maju jalan, ganti langkah, ganti langkah, langkah biasa dan langkah tegap), jelasnya.

Dandim 1310/Bitung Letkol Arm Yoki Efriandi, M.Han., mengatakan lomba PBB dan TUB ini digelar guna menanamkan jiwa disiplin siswa dan siswi SLTA khususnya di wilayah Kodim 1310/Bitung.

“Bagi pemenang lomba akan diberikan apresiasi dari Kodim berupa uang pembinaan dan Trophy,” terang Dandim.

Dalam waktu dekat Kodim 1310/Bitung juga akan menyelenggarakan lomba Selfie/Foto Candid tingkat SD se-Kota Bitung, melukis Masker untuk anak-anak TK, pertandingan Futsal dan Volley Ball untuk Keluarga Besar Kodim 1310/Bitung, tambahnya. (DL)

0 Likes

Author: admin