Jakarta Bicara Pendidikan SDN 042 Gambir Kota Bandung Wujudkan Keinginan Para Siswanya Dalam Hal Kegiatan Pentas Seni dan Budaya Dilingkungan Intra Sekolah

SDN 042 Gambir Kota Bandung Wujudkan Keinginan Para Siswanya Dalam Hal Kegiatan Pentas Seni dan Budaya Dilingkungan Intra Sekolah

JakartaBicara, Bandung Jawa Barat – Dalam mendukung dan mendorong terhadap kreatifitas dan karakteristik anak-anak didiknya, SD Negeri 042 Gambir yang berada dilingkup Disdik Kota Bandung, Jawa Barat, Mewujudkan keinginan para siswanya dalam hal kegiatan kreatifitas semacam even kecil-kecilan di lntra (dalam) lingkungan sekolah SDN 042 Gambir sendiri hanya untuk murid (siswa) dan orang tua, pada Jum’at 10 November 2022 beberapa waktu lalu.

Dalam kegiatan didalam lingkungan sekolah SDN 042 Gambir tersebut ditampilkan beberapa kreatifitas seni dan bakat yang dimiliki anak-anak, seperti ”Kaulinan Barudak (Permainan Anak) Sunda” juga bazzar yang menyuguhkan produk dari tatar sunda dari mulai jajanan hingga pakaian tradisionl seperti hal’nya batik.

Adapun mengenai kegiatan tersebut dikatakan Nunun Komala Spd selaku kepala sekolah (Kasek) SDN 042 Gambir, Bahwa kegiatan ini dilaksanakan bukan keinginan dari sekolah, melainkan atas keinginan dari para murid (siswa) serta dari ajuan dan dukungan dari orang tua murid sendiri.

Kami pihak sekolah hanya mendukung dan mendorong para siswa juga memotivasi keinginan dari seluruh para siswa terhadap talenta yang dimiliki. Selain itu lanjut Nunun, ini juga merupakan salah satu pengimlementasian daripada kurikulum “Merdeka”, yang mengimplementasikan dari sebuah katakteristik,niat, bakat dan kemauan dari para murid (siswa) sendiri yang sudah dianggap mampu. Sebetulnya kegiatan semacam ini dilaksanakan SDN 042 Gambir sudah tidak asing dilakukan oleh para siswa, katanya

Alhamdulillah di SDN 042 Gambir ini memiliki SDM/guru-guru yang cukup lumayan faham untuk mengarahkan, melatih dan memandu para siswa dalam hal seni dan budaya sunda dan semuanya sangat mendukung terhadap, niat, kreatifitas hingga penggemblengan terhadap karakteristik anak.

Dalam kegitan tersebut mengenai hal biaya (anggaran) Nunun juga mengatakan, Kami pihak sekolah tidak menanggung sepenuhnya, tetapi pihak sekolah hanya bisa membantu meringankan saja, Sebab dari seluruh pihak para orang tua murid sendiri pada berkontribusi agar terlaksananya kegiatan tersebut, kata Nunun.

Sementara itu menurut Agus fatoni Spd selaku salah pengajar di SDN 042 Gambir, yang menjadi ketua pelaksana dalam mewujudkan keinginan para murid juga para orang tua siswa mengatakan, Bahwa kegiatan ini murni dari keinginan dari para siswa serta dukungan dari para orang tuanya. Kami sebagai pelaksana hanya bisa mewujudkan keinginan dari para siswa serta para orang tuanya untuk bisa menampilkan talenta (kemampuan) masing-masing dari para siswa dalam hal seni sunda, ujar Agus.

Sementara untuk pementasan seni sunda sendiri ditampilkan mengangkat tema ”Gending Karesmen” seperti, Pupuh, Kakawihan dan yang lainnya oleh para siswa diatas panggung yang serba sederhana. Selain itu, juga di tampilkan juga katuangan atawa kadaharan (makanan atau cemilan) serta pakaian tradisional khas Jawa Barat.

Agus berharap dengan kegiatan tersebut, para siswa bisa mengenal lebih dalam dengan seni budaya urang (orang) sunda dan bisa lebih mencintai ”Ngamumule (Menjaga) kelestarian terhadap seni budaya sunda, meskipun zaman know, zamannya dikuasai gedget, tapi kita tanamkan dan lekatkan terhadap para siswa untuk lebih mengenal, mencintai budayanya sendiri yakni ”Kearifan Lokal” yang jangan sampai terkikis habis, hingga generasi selanjutnya tidak mengenal sama sekali.

Menurut Agus juga, Negeri lndonesia tercinta ini sangat kaya dengan memiliki ragam seni dan budaya juga makanan khas serta pakaian tradisional, Oleh sebab itu Kita berkewajiban mengenalkannya kepada para siswa terutama kepada yang masih sekolah di tingkat dasar, menanamkannya untuk bisa menjaga, melindungi, dan melestarikannya hingga generasi penerus selanjutnya, tutupnya.

0 Likes

Author: admin