Jakarta Bicara Pendidikan Kurikulum Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia 2020-2024 Revolusi Belajar

Kurikulum Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia 2020-2024 Revolusi Belajar

JakartaBicara, Jakarta – Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Kebudayaan Ilmu pengetahuan dan Tehknologi Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

(Kemen Dikbud Ristek ) merupakan kementerian yang mengemban amanat pembangunan sumber daya maka visi misi yang di laksananan mulai tahun 2020 sampai 2024 adalah berkomitmen untuk melaksanakan tugas dan kewenangan secara konsisten, bertanggung jawab, dapat dipercaya, dengan mengedepankan profesionalitas dan integritas.

Oleh karena itu, perumusan kebijakan dan pelaksanaan pembangunan bidang pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan, dan teknologi akan mengedepankan inovasi guna mencapai kemajuan dan kemandirian Indonesia.

Sesuai dengan kepribadian bangsa yang berlandaskan gotong royong, Kemendikbudristek dan seluruh pemangku kepentingan terkait bekerja bersama untuk memajukan pendidikan, sesuai dengan visi dan misi presiden.

Antara lain Mewujudkan pendidikan yang relevan dan berkualitas tinggi, merata, dan berkelanjutan serta didukung oleh infrastruktur dan teknologi; Pelestarian dan majukan kebudayaan serta pengembangan bahasa dan sastra; dan Mengoptimalkan peran serta seluruh pemangku kepentingan.

Salah satu Inovasi pendidikan yang akan di terapkan dalam rangka mewujudkan visi misi tersebut melalui Kurikulum Merdeka Belajar .Pengertian Kurikulum Medeka Belajar adalah merupakan Kurikulum yang dalam proses pembelajarannya mengacu kepada pendekatan bakat dan minat siswa siswi / peserta didik, mereka bisa memilih pelajaran yang di inginkan berdasarkan bakat dan minatnya.

Salah satu keunggulan yang akan didapat para siswa dari kurikulum berbasis belajar merdeka materi yang disampaikan dan di pelajari menjadi lebih sederhana mendalam serta fokus pada materi esensial.

Hal ini membuat peserta didik dapat belajar secara lebih dalam tanpa terburu buru di kejar waktu seperti kurikulum selama ini. Pihak sekolah memiliki hak dan wewenang dalam mengembangkan kurikulum sesuai dengan satuan pendidikan dan peserta didik .Lebih relevan dan Interaktive proses pembelajaran lebih leluasa aktif mengekpolorasi berbagai isu isu aktual Demikian oleh Aslin Purba aktivis Pendidikan.

0 Likes

Author: admin