Jakarta Bicara Pemerintahan Wakil Bupati Pesibar Di Dampingi Anggota Komisi IX DPR RI Membuka Secara Resmi Sosialisasi Gerakan Masyarakat (GERMAS)

Wakil Bupati Pesibar Di Dampingi Anggota Komisi IX DPR RI Membuka Secara Resmi Sosialisasi Gerakan Masyarakat (GERMAS)

JakartaBicara, Karya Penggawa – Kadis Kominfotik dan Persandian Pesisir Barat Suryadi, S.IP.,MM menginformasikan bahwa Bupati Pesisir Barat yang diwakili Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H didampingi Anggota Komisi IX DPR RI Khoirul Muhtar, SE.,MM membuka secara resmi Sosialisasi Gerakan Masyarakat (Germas) Hidup Sehat dan Produktif di Era Adaptasi Kebiasaan Baru yang berlokasi di Pekon Penggawa V Tengah Kec. Karya Penggawa Kabupaten Pesisir Barat.Rabu (07/12/2022).

Hadir dalam Sosialisasi tersebut, Ketua Tim Kerja Informasi dan Humas Sekretariat direktorat Jendral tenaga kesehatan Heri Hermawanto, S.Km.,M.Kes, Wakil direktur Poltekkes Tanjung Karang Wadir II Darma Jaya, S.Kep.,M.Kes, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik dr.Henny Yulistiani, perwakilan OPD terkait, Camat Karya Penggawa Wike Wijayanti, S, ST., MM, Tim Pendamping dari Dinkes Pesisir Barat, dan masyarakat Pekon Penggawa V Tengah sebagai peserta Sosialisasi.

Wakil Bupati Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif, S.H dalam sambutannya menyampaikan, Sebagai upaya pencegahan penyebaran dan penanggulangan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat telah melaksanakan percepatan vaksinasi di seluruh lapisan masyarakat, serta mengedukasi masyarakat tentang pentingnya membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dimasa Pandemi Covid-19.

Dengan kendala dan tantangan yang dihadapi, Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat tetap berkomitmen menjaga dan meningkatkan mutu pelayanan Kesehatan dengan meningkatkan layanan preventif dan promotif.

Wakil Bupati Pesisir Barat Berharap, melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kita semua untuk bekerja sama saling bahu membahu untuk meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat di Kabupaten Pesisir Barat.

Dalam kesempatan sama, Anggota Komisi IX DPR RI Khairul Muhktar, SE.,MM menyampaikan bahwa sesuai dengan konstitusi yang beliau bidangi Sejak awal Tahun 2020 Pandemi Covid-19 memberi tantangan besar dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat Indonesia dan berdampak terhadap sistem kesehatan Indonesia yang terlihat dari penurunan kinerja pada beberapa program kesehatan.

Beliau juga menghimbau kepada Masyarakat Pesisir Barat yang belum vaksin, segera lakukan vaksin selagi vaksin ada dan Gratis, apalagi sekarang kasus Covid-19 meningkat dengan adanya varian baru, vaksin juga banyak kegunaan seperti meningkatkan kekebalan tubuh, terutama apabila saudara-saudara mau umroh, kartu vaksin sangat penting dan berguna sekali. Disini sudah ada beberapa gerai vaksin yang disediakan oleh Dinkes Pesisir Barat.

BPJS Kesehatan merupakan penyelenggara program jaminan sosial di bidang kesehatan yang merupakan salah satu dari lima program dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN), yaitu Jaminan Kesehatan, Jaminan Kecelakaan Kerja, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun, dan Jaminan Kematian sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.

BPJS Kesehatan kita hadirkan untuk mempercepat terselenggaranya sistem jaminan sosial yang bersifat Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia. BPJS Kesehatan memberikan jaminan kesehatan yang layak bagi pesertanya, berdasarkan prinsip gotong royong akuntabilitas, portabilitas.

Di akhir sampaianya Anggota Komisi IX DPR RI juga berpesan untuk mendata ibu-ibu hamil guna untuk menjaga kesehatan, beliau juga memberi bantuan kesehatan guna menghindari stunting .

Tujuan diadakan Sosialisasi ini agar seluruh masyarakat yang belum melaksanakan Vaksin agar segera untuk Vaksin dan memahami dengan sistem BPJS dapat lebih mengerti dan mendapatkan jalan keluar dari masalah yang dihadapi terkait keikutsertaan BPJS Kesehatan.(Hijrah)

0 Likes

Author: admin