Jakarta Bicara Politik 2024 Penandatanganan Pakta Integritas, Ini Tugas dan Kewajiban Sekretariat PPS

Penandatanganan Pakta Integritas, Ini Tugas dan Kewajiban Sekretariat PPS

JakartaBicara, Singkawang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang melaksanakan penandatanganan pakta integritas Sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Rabu, 25 Januari 2023.

Penandatanganan yang dilaksanakan di Hotel Dangau Singkawang, diikuti 26 sekretariat. Di mana masing-masing Sekretariat PPS terdiri dari tiga orang.

Ketua KPU Kota Singkawang Riko menyampaikan, sebagaimana Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022, sekretariat dibentuk untuk membantu PPS menyelenggarakan Pemilu dan Pemilihan di tingkat kelurahan.

“Semoga Sekretariat PPS dapat menjalankan tugasnya dengan baik, dapat memfasilitasi PPS sebagaimana mestinya, dan sesuai dengan pakta integritas, menjaga integritas kepemiluan,” harap Riko di hadapan 78 orang Sekretariat PPS.

Adapun tugas Sekretariat PPS meliputi: memberikan dukungan fasilitasi tahapan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan di tingkat kelurahan; memberikan dukungan fasilitasi administrasi dan dokumentasi tahapan penyelenggaraan yang dilaksanakan oleh PPS; melaksanakan tugas lain yang diberikan KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; dan melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Di samping itu, Sekretariat PPS berkewajiban yakni membantu urusan tata usaha PPS; membantu persiapan dan fasilitasi rapat; membantu administrasi pembiayaan, pertanggungjawaban keuangan; dan sebagaimana disebutkan dalam Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2022.

Riko mengimbau seluruh penyelenggara Pemilu untuk menjaga integritas dan kode etik. Termasuk Sekretariat PPK dan PPS.

“Sekretariat PPS juga harus menegakkan kode etik,” kata Riko.

Lebih lanjut Riko mengatakan, tidak hanya badan ad hoc, sekretariat PPS nantinya akan dilakukan evaluasi secara berkala terhadap kinerjanya.

“Jika tidak sanggup melaksanakan tugas, kita akan evaluasi sebagaimana mestinya. Tapi kami berharap tugas yang dilaksanakan berjalan dengan baik,” ucap Riko.

Penandatanganan pakta integritas ini disaksikan oleh jajaran KPU Kota Singkawang, anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Sekretariat PPK di lima kecamatan, serta anggota PPS se-Kota Singkawang.

Selain pakta integritas, anggota PPK, PPS, Sekretariat PPK dan PPS mendapat materi orientasi tugas di antaranya dari KPPN. Kegiatan dilanjutkan dengan gelar pasukan kesiapan penyelenggaraan Pemilu 2024.

suksesih

0 Likes

Author: admin