Jakarta Bicara – MSM Group Ekonomi & Bisnis Festival Mak Panggong Desa Lalang Digelar

Festival Mak Panggong Desa Lalang Digelar

JakartaBicara, Beltim – Puluhan Ibu-ibu Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Desa Lalang Kecamatan Manggar antusias mengikuti Festival Mak Panggong melalui workshop dan kelas memasak yang dibuka resmi Ketua TP-PKK Desa Lalang Aprillapiyanti di Kantor Desa Lalang, Manggar, Sabtu (2/12/2023).

Kegiatan yang merupakan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI (Kemendikbudristek) ini dihadiri Wira Sudharma, pendamping kebudayaan desa (Daya Desa) Kemendikbudristek RI.

“Kegiatan ini adalah stimulus aksi pemanfaatan pemajuan kebudayaan desa Kemendikbudristek Dirjen Kebudayaan, dimana tahun 2023 ini terdapat 33 desa yang mendapatkannya se Indonesia termasuk Desa Lalang,” ungkap Wira.

Wira menjelaskan pada Festival Mak Panggong ini menitikberatkan pada peran sentral perempuan yang berinovasi dalam mengolah dan memenuhi kebutuhan pada acara keluarga dari bahan yang tersedia di daerah.

“Festival Mak Panggong ini bermakna sosok Mak Panggong yang menjaga tatanan ketahanan pangan yang membuat rasa dan kretifitasnya mengolah makanan menjadi berkesan. Untuk itulah, peran mereka diharapkan dapat membuat masyarakat berinovasi memenuhi kebutuhan pangannya dengan mengolah olahan lokal,” kata Wira.

Sementara itu, Ketua TP-PKK Desa Lalang Aprillapiyanti menyambut baik dilaksanakannya workshop dan kelas memasak resep lakse kuah ikan, kue bingke menggale dan kue jongkong.

Saya senang lihat ibu-ibu antusias ikuti workshop dan masak jajak (kue) ini. Melalui kegiatan ini diharapkan akan dapat menambah keterampilan memasak dan variatif masakan dengan berbahan baku olahan pangan lokal,” kata Aprillapiyanti.

Ia berharap agar para peserta mampu mendorong perluasan usaha dan kesempatan kerja sehingga dapat menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat Desa Lalang.

“Semoga saja ibu-ibu peserta workshop bisa kreatif untuk mengembangkan resep-resep khas daerah kita untuk dijadikan acuan untuk buka usaha untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” ujar Aprillapiyanti.

Perlu diketahui, dalam Festival Mak Panggong ini, selain workshop dan kelas memasak digelar, juga akan dilaksanakan kegiatan serupa di Teras Manggar Depan di samping Kantor Camat Manggar pada, Minggu (3/12/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di Teras Manggar, akan disajikan berbagai menu masakan berbahan lokal yang bisa dikonsumsi pengunjung sekaligus dapat melihat pameran foto serta dihibur alunan musik. (Ramli).

8 Likes

Author: admin