Jakarta Bicara – MSM Group TNI & POLRI Polres Langkat Gelar Simulasi Pengamanan TPS & Kotak Suara Jelang Pilkades

Polres Langkat Gelar Simulasi Pengamanan TPS & Kotak Suara Jelang Pilkades

JakartaBicara, Langkat | Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak hanya tinggal menunggu hari saja, demi berjalan lancar pesta demokrasi tersebut maka Polres Langkat menggelar Simulasi Peragaan Pengamanan Desa di lokasi TPS dan Pengawalan Kotak Suara pada Pilkades tahun 2022 diwilkum Polres Langkat. Selasa (14/06/22)

Bertempat di Lapangan Jananuraga Polres Langkat Kegiatan dilaksanakan bertujuan untuk melatih kesiapan personil Polres Langkat dalam melaksanakan Pengamanan dan Pengawalan kotak suara pada tahapan pungut hitung suara Pilkades tahun 2022 di Kab. Langkat khususnya di wilkum Polres Langkat.

Kabag Bin Ops Polda Sumut AKBP Deni Kurniawan, SIK, MH turut hadir didampingi Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, SH, SIK bersama Kapolres Binjai Ferio Sano Ginting, SIK, MH.

Selain itu juga dihadiri Waka Polres Langkat KOMPOL Hendri Nupia Dinka Barus, SH, SIK, Para PJU Polres Langkat, Kasat Intelkam Polres Langkat AKP Syarif Ginting, SH, Kapolsek sejajaran Polres Langkat, Kadis PMD Kab. Langkat Sutrisuanto, S.Sos,Camat se Kab. Langkat,Personil yang terlibat sprint Dan Perwakilan KPPS di wilkum Polsek Stabat .

Dalam kegiatan Simulasi tersebut dilaksanakan beberapa peragaan / adegan,

Yang pertama Pada saat berlangsungnya pelaksanaan pungut hitung suara Pilkades serentak tahun 2022 di lokasi TPS ada salah satu warga yang keberatan terhadap Petugas KPPS yang tidak memperbolehkan warga tersebut memilih dikarenakan tidak membawa surat undangan sebagai pemilih karena namanya tidak masuk dalam DPT, tidak membawa KTP elektronik, hanya dapat menunjukkan Foto Copy Kartu Keluarga yang sudah usang selanjutnya warga tersebut memprovokasi massa sehingga menimbulkan keributan, kemudian Tim Patroli Sat Sabhara Polres Langkat tiba di TPS bersama Personil Polri monitoring TPS dibantu Petugas Linmas melakukan himbauan kepada massa sehingga dapat meredam situasi hingga aman dan kondusif selanjutnya massa meninggalkan lokasi TPS.

Lalu Pada saat pelaksanaan pengawalan kotak suara di tengah jalan yang sepi tiba tiba Petugas KPPS dan Personil Polri dicegat oleh OTK berjumlah 4 ( empat ) orang dengan mengendarai 2 ( dua ) unit sp.motor yang berusaha untuk merebut kotak suara, namun Personil Polri yang melaksanakan tugas Patroli dan Pengawalan dengan sigap dan berhasil mengamankan OTK sesuai SOP, kemudian OTK diserahkan kepada Tim Gakkumdu Polres Langkat untuk dibawa ke Mapolres Langkat untuk proses hukum lebih lanjut, kemudian Personil Polri dan Petugas KPPS kembali melanjutkan perjalanan menuju Kantor Kepala Desa.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok SH, SIK memberikan sambutan.

” Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Kabag BinOps Polda Sumut, Kapolres Binjai dan tamu undangan yang sudah hadir dalam kegiatan simulasi peragaan pengamanan dan pengawalan kotak suara Pilkades tahun 2022 di wilkum Polres Langkat ” Sambutnya

Lanjutnya, Kegiatan simulasi yang kita laksanakan ini merupakan gambaran persiapan Polres Langkat dalam melaksanakan Pengamanan Pilkades Serentak di wilkum Polres Langkat yang akan di selenggarkan pada hari Minggu tanggal 19 Juni 2022 nanti.

Selain itu Kabag Bin Ops Polda Sumut AKBP Deni Kurniawan, SIK, MH juga memberikan arahan kepada personil yang hadir.

” Terimakasih kepada seluruh personil yang telah mengambil bagian dalam pelaksanaan Simulasi ini dan sudah berjalan dengan baik. Di setiap kegiatan Simulasi Pilkades ataupun Pemilu pasti dalam skenoria kesuksesannya adalah pelaku bisa diamankan dan kotak suara dikawal dengan aman dan baik. Namun fakta di lapangan tidak semudah itu “. Jelasnya

Ditambahkannya, Beberapa pelaksanaan Pilkades di Kabupaten yang sudah saya dampingi tidak berjalan seperti yang diinginkan. Contoh di Kabupaten Dairi terjadi perebutan kotak suara, yang disalahkan pasti Polri karena dinilai tidak siap.

Maka Polres jajaran harus bisa merencanakan metode Pengamanan dengan baik. Setiap pelaku atau kelompok yang mencoba menggangu pelaksanaan Pilkades harus di tindak tegas dan jangan ragu.

Oleh sebab itu kita sebagai anggota Polri harus memahami tugas pokok dan fungsi masing masing di lapangan, dan menguasai data desa yang akan dilakukan Pengamanan.

Hasil evaluasi, selesai tahapan pungut suara ada saja pihak yang tidak puas dan akan melakukan gugatan secara mekanisme hukum bahkan melakukan aksi anarkis dan harus diantisipasi.

Mari kita doakan proses tiap tahapan Pilkades tahun 2022 di Kab. Langkat bisa berlangsung dengan aman dan kondusif. Tutup AKBP Deni

Kegiatan simulasi Simulasi Peragaan Pengamanan Desa di lokasi TPS dan Pengawalan Kotak Suara pada Pilkades tahun 2022 diwilkum Polres Langkat selesai pada pukul 11.30 wib, berjalan dengan aman dan baik. (Ratna)

1 Likes

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *