Jakarta Bicara Wisata & Religi Sosialisasi Kerukunan Dan Toleransi Kementrian Agama RI Dirjen Bimas Katolik Narasumbernya Berkompoten : Berikut Nama – Namanya Beserta Materi Yang Dibawakan

Sosialisasi Kerukunan Dan Toleransi Kementrian Agama RI Dirjen Bimas Katolik Narasumbernya Berkompoten : Berikut Nama – Namanya Beserta Materi Yang Dibawakan

JakartaBicara, Manado – Sosialisasi dari Kementrian agama Republik Indonesia Dirjen Bimas Katolik dilaksanakan di Manadp 16-19 Oktober 2022, Selama 4 hari di tempa oleh narasumber yang berkompoten berikut nama – namanya beserta materi yang dibawakan :

1. A.M. Adiyanto Sumardjono, PLT Dirjen Bimas Katolik membawa materi kebijakan pemerintah di bidang bimbingan masyarakat Katolik.
2. Kakanwil Kemenag Prov. Sulut yang di wakili oleh Kabag TU Basri, S.Ag., M.pd., Mengenai potret kerukunan umat beragama pada kanwil Kemenag Sulut.
3. Dr. Aloma Sarumaha, MA., M.si., Direktur urusan agama katolik dengan materinya kebijakan teknis pengelolaan urusan agama katolik.
4. Pastor. Kristianus Ludong, SS., Lic., P.sik., Komisi Kerawam Keuskupan Manado membawa materi tentang memelihara keseimbangan antara kepentingan kelompok dan kepentingan nasional dalam rangka kerukunan umat beragama.
5. Uskup keuskupan Manado Mgr. Esthepanus Benedictus Rolly Untu, MSC yang di wakili oleh Sekretaris Keuskupan Manado Pastor. Dr. Johanis Josep Montolalu, Pr., dengan materinya yang berjudul pandangan Gereja Katolik tentang dialog dan kerukunan umat beragama.
6. Pastor Dr. Melky Malingkas, SS., M.Ed., tentang membangun persaudaraan universal dari perspektif kearifan lokal.
7. Sekretaris eksekutif komisi Kerawam Pastor. Yohanes Kurnianto Jeharut, Pr. Materi yang di bawakan adalah peran tokoh masyarakat dan adat dalam membangun kerukunan umat beragama.
8. Kasubdit kelembagaan Dirjen Bimas Katolik, mengenai pengelolaan kelembagaan agama katolik.

Kegiatan selama empat hari tersebut berlangsung baik, para peserta sangat antusias dan mendengarkan secara seksama bahkan terjadi komunikasi dua arah yang membuat para peserta tidak jenuh.

Banyak sekali pertanyaan, sering pengalaman pribadi, maupun usulan, bahkan kritikan terhadap kebijakan pengelolaan kelembagaan agama katolik dirjen bimas Katolik, namun demikian semua rangkaian kegiatan berjalan dengan baik dan penuh persaudaraan dan cinta kasih.

(FX. Melo)

1 Likes

Author: admin