Jakarta Bicara Nasional T. CARE Bagikan 1.168 Paket Bantuan Dan  Kemasan Rendang Kepada Warga Korban Gempa Cianjur

T. CARE Bagikan 1.168 Paket Bantuan Dan  Kemasan Rendang Kepada Warga Korban Gempa Cianjur

JakartaBicara, Jakarta – Tanggap bencana  setelah  gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat 21 November 2022, sampai hari ini T.CARE sudah  membagikan 1.168 paket bantuan untuk para korban gempa tersebut.

Tiap KK mendapat satu paket yang isinya terdiri dari kasur, selimut, beras, dan perlengkapan mandi.

Untuk membantu para korban tersebut T.CARE menurunkan 35 orang relawan ke lokasi korban bencana Cianjur tersebut.

Ketua Yayasan Tunasmuda Care (T.CARE) Hendra Ikhwan mengungkapkan hal itu atas pertanyaan wartawan di Jakarta, Minggu (4/12/2022).

Hendra Ikhwan lebih lanjut mengungkapkan  ambulance T.CARE sudah  datang ke lokasi  bencana bersamaan dengan 15 relawan T.CARE  sesaat setelah gempa yang membawa banyak korban jiwa dan luka- luka tersebut.

Sudah banyak korban gempa yang terbantukan diangkut ke rumah sakit.

Relawan T.CARE juga  bergerak aktif membantu kebutuhan sandang dan pangan, baik di posko maupun titik-titik pengungsian.

“Mohon doanya agar relawan kami selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk terus bergerak membantu penyintas bencana,” kata Hendra.

Menurut dia efek pasca bencana masih sangat dirasakan para penyintas (yang selamat).

“Kami masih akan terus terjun ke lapangan tak hanya untuk pemenuhan kebutuhan pokok, tetapi juga pemulihan trauma bencana atau trauma healing, maupun kebutuhan pasca bencana lainnya,” tambahnya.

Hendra menjelaskan masyarakat penyintas (yang selamat) dalam gempa bumi Cianjur telah menjalani lebih dari 10 hari di tenda pengungsian. Gempa bumi dengan kekuatan magnitude 5,6 M yang mengguncang wilayah Cianjur, Jawa Barat sejak 21 November 2022 lalu masih membekas hingga kini.

Data yang diperoleh dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), melansir telah terjadi sebanyak 379 kali gempa susulan di Cianjur hingga hari Sabtu (3/12/2022).

Jumlah gempa bumi di Cianjur ini adalah yang terbanyak dari total gempa bumi yang terjadi di Jawa Barat selama tahun 2022.

Berdasarkan data dari Pemerintah Kabupaten Cianjur, kata Hendra,  jumlah titik pengungsian untuk para penyintas gempa  saat ini berjumlah 419 titik yang tersebar di wilayah Cianjur.

Warga Cianjur hingga saat ini masih banyak bertahan di tenda pengungsian dan belum bisa beraktivitas secara normal. Hal ini disebabkan ribuan bangunan yang dilanda gempa bumi tersebut telah mengalami kerusakan ringan hingga berat, termasuk  rumah-rumah mereka.

Menurut Hendra, para relawan dari luar daerah bahu membahu memberikan bantuan baik materiil maupun dukungan psikologis untuk para warga, terutama di wilayah-wilayah pelosok.

Dari pengamatan awak media,  yang menarik perhatian, dari bantuan yang diberikan oleh  bpara relawan kepada para korban gempa tersebut  di antaranya dari lembaga filantropi T.CARE, yang menyalurkan makanan siap saji berupa daging rendang yang disimpan dalam kaleng kemasan.

“Sejak Idul Adha lalu kita punya program #KURBANdiRendang yaitu untuk masyarakat yang ingin berkurban dan dagingnya diolah menjadi Rendang dalam bentuk kaleng, insya Allah tahan lama hingga 2 tahun,” ujar Danang, Kordinator Divisi  T.CARE saat ditemui wartawan.

Menurut Danang salah satu tujuan dari program tersebut  memang untuk menjadi stok ketahanan pangan.

“Selanjutnya untuk  didistribusikan saat terjadi bencana alam di Indonesia seperti ini,”  ujar Danang lagi.

Ia menyatakan senang bisa turun langsung menyalurkan bantuan untuk warga di Cianjur.

“Tadi saya  melihat anak-anak semringah pas diberikan kaleng rendang kurban. Semoga mereka suka. Karena testimoni dari para penerima manfaat, rasanya enak, alhamdulillah,” pungkas Fia salah seorang relawan T.CARE.

Editor: (Red/ Ichsan)

0 Likes

Author: admin