Jakarta Bicara TNI & POLRI Motivasi Diberikan Siswa Siswi SMAN 1 Dengan Tema P5, Pesan Dandim 0719 dan Forkopimda Jepara

Motivasi Diberikan Siswa Siswi SMAN 1 Dengan Tema P5, Pesan Dandim 0719 dan Forkopimda Jepara

JakartaBicara, Jepara – Belum lama ini telah diluncurkan Kurikulum Merdeka Belajar oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai paradigma baru dalam dunia pendidikan yang berbasis proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Profil pelajar Pancasila itu sendiri merupakan gambaran pelajar Indonesia sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, serta P5 ini merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.

Sebagai Sekolah Penggerak, SMAN 1 Jepara melaksanakan P5 sesuai dengan tuntutan kurikulum. Tema dalam kegiatan tersebut Menyemai Kearifan Lokal Memetik Bunga Zaman. Acara dilaksanakan di Aula SMAN 1 Jepara, Kamis (8/12/2022).

Dalam kegiatan tersebut Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta ATD., SH., MM., yang didampingi oleh Dandim 0719/Jepara Letkol Inf Mokhamad Husnur Rofiq, S.I.P., dan Kapolres Jepara AKBP Warsono, SH., SIK., MH secara resmi membuka acara P5 dan dihadiri Kepala Perangkat Daerah, Kepala SMAN 1 Jepara Ngaripah beserta Dewan Guru, dan para wali murid siswa.

Sedangkan dalam sambutannya Pj. Bupati Jepara Edy Supriyanta menyampaikan, P5 sangat bermanfaat bagi peserta didik antara lain untuk memperkuat karakter dan mengembangkan kompetensi sebagai warga yang aktif, melatih kemampuan memecahkan masalah dalam berbagai kondisi, serta menunjukkan tanggung jawab dan kepedulian terhadap isu di sekitar.

Selain itu, siswa-siswi yang merupakan generasi penerus bangsa harus mampu menjawab tantangan masa depan. Termasuk mengimpletasikan kearifan lokal yang ada.

“Kami harapkan adik-adik kita dapat memanfaatkan kearifan lokal. Sehingga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari,” kata Pj. Bupati Jepara.

Dikesempatan itu, Kepala SMAN 1 Ngaripah menuturkan, inti dari kegiatan tema P5 adalah membentuk peserta didik SMAN 1Jepara menjadi peserta didik yang berjiwa dan berkarakter sesuai nila-nilai Pancasila dengan Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, Berakhlak Mulia, Berkebhinekaan Global, Bergotong-royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif.

“Tema projek ini dipilih dengan latar belakang menimimalisir gelombang krisis identitas diri para generasi muda terutama siswa-siswi yang disebabkan oleh lunturnya budaya dan juga kearifan lokal masyarakat. Maka dari itu tema ini dipilih agar dapat membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui aktualisasi diri tentang budaya dan kearifan lokal di daerah masing-masing,” Katanya.

Dalam kesempatan itu juga, Pj. Bupati Jepara bersama Dandim 0719/Jepara dan Kapolres Jepara menyempatkan keliling stand kuliner, hasil kreativitas siswa-siswi SMAN 1 Jepara yang melaksanakan kegiatan P5 dengan beberapa rangkaian kegiatan antara lain, membatik, grafis, nonton film bersama, teater, sastra, kuliner, dan lain sebagainya.
(Yusron)

0 Likes

Author: admin