Jakarta Bicara – MSM Group Pemerintahan Implementasi Rencana Aksi Peningkatan Maturitas SPIP Telah Dimulai

Implementasi Rencana Aksi Peningkatan Maturitas SPIP Telah Dimulai

JakartaBicara, Beltim – Inspektur Kabupaten Beltim Haryanto menjelaskan bahwa implementasi rencana aksi dalam rangka peningkatan maturitas SPIP di Kabupaten Beltim sudah dimulai. Menurutnya ada beberapa tahapan yang harus dilaksanakan.

“Saat ini Perbup (Peraturan Bupati) sudah selesai, selanjutnya kita akan membuat risk register seluruh OPD yang dikoordinir oleh Inspektorat dan saat ini kita sudah berjalan ke OPD,” ungkap Haryanto.

Dijelaskannya, tahapan selanjutnya yaitu mengikuti Bimbingan Teknis penyusunan risk register dengan BPKP, dan melakukan penilaian masing-masing OPD (penilaian mandiri).

“Setelah penilaian mandiri nanti laporannya dinilai kembali oleh Inspektorat (penjaminan kualitas) dan selanjutnya sekitar bulan Juli kualitas kita sampaikan ke BPKP untuk penilaian maturitas SPIP-nya. Bulan Agustus itu sudah dinilai dari BPKP untuk ditetapkan apakah kita layak ke level 3,” jelas Haryanto.

Dikatakan Haryanto, akuntabilitas keuangan Pemkab Beltim sudah bagus yang diwujudkan dengan WTP. Karena itu, Ia juga berharap akuntabilitas kinerja dalam bentuk nilai SPIP, Indeks Efektivitas Pengendalian Korupsi (IEPK) dan sebagainya juga bernilai baik.

“Kita berharap ukuran kinerja kita minimal standar nasional lah, SPIP level 3, kapabilitas APIP (Aparat pengawasan Intern Pemerintah) level 3, kemudian IEPK level 3,” pungkasnya. (ramli).

6 Likes

Author: admin