Jakarta Bicara – MSM Group Hukum & Kriminal Masih banyak nya Kegiatan PETI di Wilayah Kota Singkawang Berkeliaran Bebas

Masih banyak nya Kegiatan PETI di Wilayah Kota Singkawang Berkeliaran Bebas

JakartaBicara, Singkawang – Viralnya Air sungai Singkawang berubah warna menjadi keruh. Tim Awak Media mencoba menelusuri aliran Air Sungai Singkawang, Senin 23/5/2022.

Tim awak Media Suara Mabes bersama beberapa Tim Media lain nya melakukan investigasi di lapangan. Setelah Tim menyelusuri punca tercemar nya Air sungai Singkawang, yg pada akhirnya Tim awak media menemukan lokasi PETI di kawasan tersebut, kegiatan Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) ternyata punca dari tercemarnya beberapa aliran air sungai Singkawang.Tim awak media merasa kegiatan Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) masih belum tersentuh oleh APH Singkawang dan APH Kalbar.

Tim awak media mendapat informasi dari warga bahwa kegiatan PETI ada pemilik atau pun yg memberi modal, dan informasi tersebut Tim media juga mendapatkan keterangan yg sama dari sejumlah pekerja yg ada di lokasi Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) di wilayah Kota Singkawang.

“Hanya ini dan beginilah jalan kami untuk mencari rezeki, hujan panas tampa henti untuk menghidupi anak, istri dan biaya sekolah anak2 kami’ apalah daya kami yang tidak punya usaha lain, hanya inilah yg bisa kami harapkan”. Ini lah kata-kata yg sempat tercurah kepada Tim Awak Media Suara Mabes, oleh salah seorang pekerja yg berada di lokasi PETI tersebut.

Masing-masing nama yang di sebutkan itu mereka bekerja di berbeda lokasi seperti di wilayah kawasan Singkawang Tenga, dan di wilayah kawasan Singkawang Timur.

Ada beberapa pemilik atau pemodal yang tenar disebut nama di kalangan masyarakat dan pekerja di dengar oleh Tim awak media yg berinisial ‘J’, berinisial ‘H’ dn berinisial ‘Y’, yang saat ini masih bebas beroperasi menjalankan usaha Penambang Emas Tanpa Izin (PETI).

Tim awak media meminta kepada Aparat kepolisian Kota Singkawang, bekerja sama dengan Aparat TNI kota Singkawang untuk menindak lanjuti terkait kegiatan Penambang Emas Tanpa Izin (PETI) yang berada di Wilayah Kota Singkawang.

Selain sungai Singkawang tercemar akibat ulah dari Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) hutan-hutan hancur akibat ulah mereka. (Biro MSM Singkawang)

7 Likes

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *