Jakarta Bicara – MSM Group Wisata & Religi Infrastruktur Jalan Ke Lokasi Wisata Riung Ditangani, Warga Berharap Perubahan Ekonomi

Infrastruktur Jalan Ke Lokasi Wisata Riung Ditangani, Warga Berharap Perubahan Ekonomi

JakartaBicara, NTT – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) akhirnya menangani jalan menuju lokasi wisata Riung di Kabupaten Ngada. Sebelumnya ruas jalan tersebut di tangani oleh Pemerintah Pusat selama beberapa tahun namun tidak tuntas bahkan kondisi jalan itu sudah mulai rusak.

Penanganan terhadap ruas jalan Mboras (riung) hingga Danga oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur itu dilakukan dengan menggunakan dana Pinjaman Daerah dari SMI dengan nilai Kontrak sebesar Rp. 13.979.092.000 (tiga belas milyar sembilan ratus tujuh puluh Sembilan juta Sembilan puluh dua rupiah).

Proyek yang dimulai pada Bulan Oktober tahun 2021 itu dikerjakan oleh PT. Suraya Abadi Kencana dengan konsultan Pengawas CV. Sarwana. Sesuai dengan data pada papan Informasi Proyek yang ada di lokasi, proyek ini akan dikerjakan selama 210 hari kalender dan masa pemeliharaan 365 hari kalender terhitung sejak jalan tersebut selesai dikerjakan dan diserah terimakan kepada Pemerintah Provinsi NTT dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat NTT.

“Pekerjaan saat ini sudah masuk pada tahapan pengaspalan karena semua item pekerjaan seperti lapisan agregat sudah selesai dan tinggal perapian untuk selanjutnya gelar aspal. Kalau tidak ada masalah lapangan dalam bulan Juni ini semuanya sudah selesai dan itu yang kita harapkan.”ujar pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Wilayah Flores Dinas PUPR Provinsi NTT Ipu Dere saat dihubungi media ini pada senin, (23/05/2022).

Menurutnya, saat ini masih terdapat 5 deker atau saluran drainase pembuangan air yang melewati jalan belum terpasang lapisan Beton, namun pekerjaan pondasi dan lainnya telah selesai dan tinggal pemasangan lantai beton.

“memang ada 5 deker kecil yang belum cor beton tetapi pekerjaan pondasinya sudah selesai semua jadi pekerjaannya tidak lama”.kata Ipu.

Hasil pantauan media ini di lokasi pekerjaan pada senin (23/05/2022) para pekerja dengan di bantu alat berat tengah melakukan pekerjaan persiapan pengaspalan. Pemadatan agregat dan lainnya terus berjalan. Sejumlah alat berat telah disiapkan di lokasi guna mendukung proses pengaspalan nanti.

Dengan dibangunnya ruas jalan ini, maka warga berharap bisa membawa perubahan ekonomi masyarakat setempat dengan meningkatnya jumlah wisatawan yang mengunjungi riung yang dikenal dengan deretan pulau-pulau yang indah dan destinasi wisata lainnya. (Ras)

3 Likes

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *