JakartaBicara.Com Ekonomi & Bisnis Bank Sampah Desa Cibodas Olah Sampah jadi Pupuk Organik

Bank Sampah Desa Cibodas Olah Sampah jadi Pupuk Organik

Spread the love

JakartaBicara, Sukabumi – Mendengar kata sampah, selalu dikaitkan dengan berbagai permasalahan lingkungan. Namun apabila sampah dipilah dan diolah secara tepat dapat menghasilkan produk-produk yang bernilai ekonomi. Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Cibodas Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten. Sukabumi dengan memiliki Kelompok Tani yang Produktif, Kreatif dan Inovatif untuk pengelolaan bank sampah. Sampah organik disulap menjadi pupuk kompos dan media tanam. Sementara untuk sampah non organik, plastik diolah menjadi aneka kerajinan. Rabu, (08-06-2022)

Keberadaan Bank Sampah Maslahat menjadi keunggulan Desa Cibodas

Kegiatan tersebut dihadiri Camat dan Forkompinda, Tokoh Masyarakat, LPMD , BPD, PKK serta Karangtaruna dan Tamu Undangan Lainnya.

Kades Cibodas H. Ujang beserta Unsur Forkompinda Kalapanunggal secara langsung melihat proses pengolahan sampah organik. Ia mengungkapkan terkesan dengan adanya Bank Sampah yang bisa mengolah sampah organik menjadi berbagai produk yang bermanfaat untuk pertanian dan peternakan. Menurutnya, hal tersebut bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam program bank sampah.

“Kali ini di Desa Cibodas Kecamatan Kalapanunggal ada sentra pengolahan sampah organik.

H. Ujang berharap para kelompok tani ikut terlibat sehingga mereka tidak harus meengandalkan pupuk kimia, ternyata sampah rumah tangga ini bisa ada nilai jual kalau diolah secara benar,” tuturnya.

Penanggungjawab Pengolahan Sampah Organik, Cecep mengatakan
Keberadaan bank sampah berharap mengubah kesadaran warga Desa Cibodas dalam menjaga kebersihan lingkungan. Seperti dalam pemaparan pa Camat, , yang menyebut bahwa dalam pengelolaan bank sampah selalu diiringi dengan kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Kegiatan yang telah dilaksanakan diantaranya sosialisasi pemilahan sampah, pengolahan barang bekas

“Sosialisasi dan pelatihan bank sampah kami lakukan mulai pengolahan sampak organik dan non organik menjadi kreasi daur ulang dengan melibatkan Tenaga Ahli dari Alumni IPB Juga ada edukasi kepada semua masyarakat desa Cibodas tentang pengolahan sampah,” ungkapnya.

Keseriusan Pemdes Cibodas dalam pengelolaan bank sampah bahkan mendapat dukungan dari Kecamatan dan Pemdes Cibodas Serta para kelompok tani yang berada di kedusunan desa Cibodas.” Pungkasnya

Reporter : Jibril / Supri

1 Likes

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.