JakartaBicara.Com Ekonomi & Bisnis Gelar UMKM dan Festival Santri ada Piala Neng Lia Diba’ Fatayat di Hadiri Sekdis Peternakan Prov Jatim

Gelar UMKM dan Festival Santri ada Piala Neng Lia Diba’ Fatayat di Hadiri Sekdis Peternakan Prov Jatim

Spread the love

JakartaBicara, Sidoarjo – Lia Istifhama mengapresiasi terselenggaranya Gelar UMKM dan Festival Santri Kecamatan Sukodono Sidoarjo di lapangan desa Masangan Kulon, kegiatan yang berlangsung sejak 10 Juni 2022 hingga 19 Juni 2022 ini berlangsung meriah dengan aneka pentas dan bazar UMKM.

Perempuan yang juga ketua DPD Perempuan Tani HKTI Jawa Timur ini bahkan juga turut menjadi pembicara dalam acara talk show Peduli gizi anak dan perlombaan Diba’ Fatayat piala Lia Istifhama Sabtu (18/6/2022) kemarin.

Menurut Neng Lia, pihaknya selalu menggencarkan kampanye bazar pangan murah dan gerakan beli produk lokal. Hal ini selaras dengan program Jatim Bangkit yang digelorakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Menurut Neng Lia, Even seperti ini merupakan bentuk kepedulian kepada ekonomi rakyat, bahkan dirinya salut kepada event organizer DMR Production yang dipimpin oleh Bapak Damar yang berhasil membuat event besar seperti ini, Damar yang juga teman dari Neng Lia ini menggandeng PCNU, Fatayat, Muslimat, Ansor, Banser dan banom lainnya. Mereka diajak membuka gerai bersama-sama untuk membangun bukan hanya spirit religi, tapi juga penguatan ekonomi masyarakat setempat.

“Coba kita bayangkan kalau ada even (seperti ini) anak-anak (bersama orangtuanya) datang ke acara UMKM, jadi banyak poin yang dapat, pertama spirit religinya, kedua Spirit peningkatan ekonomi, ketiga memberikan kesempatan untuk kelurga memberikan waktu luang ke anak anaknya,” terang Neng Lia kepada awak media, Sabtu (18/6/2022).

Neng Lia menambahkan, kegiatan seperti ini rencananya akan terus dilakukan merata di semua Jatim, tidak harus kegiatannya di tatanan tingkat kota atau kabupaten, bahkan tingkat kecamatan pun tidak masalah untuk digelar. “Supaya kita peduli terhadap produk UMKM. Produk mereka bisa dijual dan mendorong pemberdayaan UMKM,” terangnya.

Selain dihadiri ning Lia, acara tadi malam juga dihadiri Sekretaris Dinas (Sekdis) Peternakan Provinsi Jawa Timur Dr.MHD. Aftabuddin RZ, S.Pt.,M.Si., Kabid PPHNak Nur Ismanto, SPt, MM., Camat Drs. Ali Sarbini, S.H., M.H., dan Kepala Desa Masangan Kulon Kecamatan Sukodono, Umar Hasan.

Kehadiran perwakilan Dinas pimpinan Dr. Ir. Indyah Aryani, MM., tersebut, sekaligus bentuk sosialisasi pentingnya konsumsi makanan bergizi dan masyarakat tidak perlu takut mengkosumsi daging qurban, karena merebaknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap ternak tidak menular kepada manusia.

Menurut Attabuddin, silakan masyarakat merayakan Idul Adha dengan menyembelih dan mengkonsumsi daging qurban sapi atau kambing seperti biasanya. “Tidak ada masalah, karena wabah PMK ini, sekali lagi, tidak menular kepada manusia (bukan penyakit zoonosis),” ujarnya seraya menambahkan bahwa Dinas Peternakan Pemprov Jatim sesuai instruksi Gubernur Jawa Timur, Khofifah , bahwa dalam waktu dekat akan dilakukan vaksinasi untuk hewan ternak di Jatim. (Thoy)

1 Likes

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.