Jakarta Bicara – MSM Group Pemerintahan Panitia Kurban Masjid Al Hidayah Memiliki Cara Tersendiri Mengguna Wadah Memakai Besek Bambu

Panitia Kurban Masjid Al Hidayah Memiliki Cara Tersendiri Mengguna Wadah Memakai Besek Bambu

JakartaBicara, Pekon Seray – Panitia kurban masjid Al-Hidayah, Pemangku Lioh Buntor, Pekon Seray, Kecamatan Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), memiliki cara tersendiri dalam mengurangi penggunaan plastik saat pemotongan hewan kurban pada hari raya idul adha 1443 Hijriyah tahun 2022.

Dalam pengemasan daging kurban yang akan dibagikan, panitia kurban mengganti wadah plastik menggunakan besek bambu, hal itu sebagai upaya untuk mengurangi jumlah sampah plastik di tengah masyarakat.

Ketua Panitia kurban Masjid Al-Hidayah Haidir, mengatakan sesuai dengan surat edaran pemerintah Kabupaten Pesbar nomor : 660.1/1960/IV.10/2022 tentang pelaksanaan hari raya Idul Adha tanpa sampah plastik maka panitia menyiapkan besek bambu sebagai ganti plastik.

Panitia penyaluran daging kurban bisa menjadikan besek bambu pilihan wadah daging kurban pengganti kantong plastik. Selain lebih ramah lingkungan, besek dari bambu punya kemampuan menghambat pertumbuhan bakteri.

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan kurban tahun ini Masjid Al-Hidayah menyembelih tiga ekor sapi dan lima ekor kambing, dari jumlah tersebut pihaknya menyiapkan 360 paket daging kurban untuk dibagikan kepada penerima.

“Dari 360 paket itu sebanyak 120 akan kita serahkan kepada pengurban sebanyak 26 orang, dan sebanyak 240 paket akan dibagikan ke masyarakat yang telah diberikan kupon sebelumnya,” jelasnya.

Dikatakannya, daging kurban itu akan dibagikan kepada masyarakat penerima mulai dari pengurban, masyarakat lioh buntor dengan kategori khusus, warga luar yang beraktivitas rutin di dalam lingkungan lioh buntor.

Kami harap syiar islam melalui masjid Al-Hidayah dapat semakin meningkat dan dampak baiknya dapat dirasakan oleh masyarakat sehingga masjid akan semakin makmur,” pungkasnya.( Hijrah)

7 Likes

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *