Jakarta Bicara Sosial & Budaya Masyarakat Desa Ngabul Dihebohkan Adanya Kirab Budaya NKRI, di Anniversary Ke-1 Lindu Aji Kecamatan Tahunan

Masyarakat Desa Ngabul Dihebohkan Adanya Kirab Budaya NKRI, di Anniversary Ke-1 Lindu Aji Kecamatan Tahunan

JakartaBicara, Jepara – Anniversary Ke-1 Pengurus Kecamatan (PK) Lindu Aji Kecamatan Tahunan, Kabupaten Jepara, boleh dibilang unik dan beda dengan kegiatan lainnya. Dan salah satunya adalah menggelar Kirab Budaya NKRI, Bazzar UMKM, atraksi barongsai serta masih banyak lagi kegiatannya.

Acara tersebut terselenggara atas kerjasama dengan Pemerintah Desa Ngabul, Yayasan Sirr Al-Mizan, beberapa sponsor serta donatur yang ada. Dan juga melibatkan beberapa tokoh dari berbagai kalangan maupun kelompok di kabupaten Jepara.

Pagelaran Kirab Budaya NKRI ini merupakan rangkaian dari berbagai kegiatan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke 1 PK Lindu Aji kecamatan Tahunan. Sebelum kegiatan Kirab dimulai dan start, diawali dengan doa bersama di kawasan Griya Paseban Sendang Sari.
Kemudian dipusatkan di area Bundaran Patung 3 Puteri atau Bundaran Ngabul dan diakhiri menuju lapangan desa Ngabul. Sabtu (26/11/2022).

Dalam pantauan awak media, acara Kirab Budaya NKRI itu, turut dihadiri Paguyuban Kulawarga Keraton Surakarta (Pakasa) Cabang Kabupaten Jepara, Sanggar Loka Budaya desa Sukodono, Ponpes Lembah Manah desa Langon, semua pengurus, anggota dan Srikandi Lindu Aji Kecamatan Tahunan.

Tindak ketinggalan pula group Drum Band Sura Praja, Bregada prajurit Sura Praja Jepara, kelompok Barongsai serta Naga Liong dari desa Welahan, dan Media Partners Restu Asal Usul yang dipimpin oleh Abdurruozaq Assowy.

Hadir pula sejumlah kepala desa/petinggi dari Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) Kabupaten Jepara, diantaranya adalah Petinggi desa Daren Edy Khumaidi Muhtar. SH, Petinggi desa Geneng Dwi Bambang Hermawan, Petinggi desa Ngabul Sholehan S.E., juga merupakan Ketua PK Lindu Aji Kecamatan Tahunan, Petinggi desa Tigajuru Khambali, Petinggi Welahan Achmad Jarjes, Petinggi Kecapi Sukambali, dan Petinggi desa Karanganyar.

Dan jajaran Forkopimcam Tahunan, dari Kapolsek AKP Suyitno, Koramil 11/Tahunan (atau yang mewakili), Camat Tahunan Nuril Abdilah, serta diikuti Personil Satpol PP, Linmas, Hendroyono, S.Sn, Ketua PEPADI Kabupaten Jepara, anggota Dewan Pengurus Daerah DPD Permadani Jepara, Karang Taruna Cahaya Remaja, Forum Pemuda Bersatu Desa Ngabul, dan Santri Ponpes Lembah Manah.

“Dalam sambutannya Camat Tahunan Nuril Abdillah menuturkan, kirab budaya NKRI ini sebagai bukti bahwa Petinggi desa Ngabul yang sekaligus juga Ketua PK Lindu Aji Kec.Tahunan sangat peduli terhadap budaya bangsa”.

“Jangan sampai kita melupakan sejarah yang ada.
Dulu, Sendang Sari sebagai sumber sandang dan pangan, Sejarah ini agar bisa diwariskan kepada anak-anak muda sekarang, dan generasi penerus”, tuturnya.

Senada dengan itu, Petinggi desa Ngabul Sholehan mengucapkan akan selalu mendoakan semua warga desa Ngabul, pemeluk agama dan keyakinan yang ada di Kabupaten Jepara, agar selalu rukun dan damai.
“Insyaallah kami rencanakan tahun depan ini, Sendang Sari akan di renovasi dan kita berharap kelak dijadikan destinasi wisata desa,” tutupnya.

(Yusron)

1 Likes

Author: admin