Jakarta Bicara Sosial & Budaya Acara Lomba Baca Puisi Dan Mendongeng Se Kabupaten Pesisir Barat Secara Resmi Di Tutup Oleh Ketua Dewan Kesenian Pesisir Barat

Acara Lomba Baca Puisi Dan Mendongeng Se Kabupaten Pesisir Barat Secara Resmi Di Tutup Oleh Ketua Dewan Kesenian Pesisir Barat

JakartaBicara, Pesisir Barat – Kadis Kominfotik dan Persandian Pesisir Barat Suryadi, S.IP.,MM menginformasikan bahwa Ketua Dewan Kesenian Pesisir Barat Septi Istiqlal didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Dr. Henny Yulistiani mewakili Bupati Pesisir Barat menutup secara resmi Lomba Baca Puisi dan Mendongeng untuk siswa/i tingkat SMP, dan SMA/SMK sederajat serta Guru PAUD, TK dan SD Dalam Rangka Memperingati Hari IBu Se-Kabupaten Pesisir Barat yang bertempat di GSG Selalaw Labuhan Jukung Kec. Pesisir Tengah.Rabu (14/12/2022).

Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD Agus Cik, Wakil Ketua 1 TP-PKK Yulnawati Zulqoini, beberapa Kepala OPD Pesisir Barat ataupun perwakilannya, Ketua MKKS SMA, SMK, SMP, K3S SD, IGTKI Kabupaten Pesisir Barat, para Dewan Juri, dan Peserta Lomba.

Dalam Laporan Ketua Dewan Kesenian Pesisir Barat Septi Istiqlal menyampaikan kesenian merupakan semua bentuk olah cipta rasa dan karsa manusia yang timbul dari perasaanya yang bersipat indah sehingga menggerakan jiwa dan perasaan manusia.

Kesenian dapat menjadi warna dalam tataan kehidupan seseorang dalam tingkah laku maupun tutur katanya.

Kesenian sangat erat kaitannya dengan dunia pendidikan, baik kesenian yang berupa gerak dan langkah sampai dengan kesenian yang berupa sastra dan nada. semua menjadi kesatuan yang tidak dapat terpisahkan dari dunia pendidikan.

Pentingnya mengembang dan melestarikan berbagai macam kesenian didalam satuan pendidikan salah satunya dibidang sastra puisi dan mendongeng yang kita laksanakan pada saat ini.

Tujuan dari kegiatan ini :

1.Meningkatkan kemampuan penguasan materi dibidang sastra khususnya baca puisi dan mendongeng.

2.Meningkatkan Kemampuan mental pada satuan pendidikan dalam menunjang potensi intelektual.

3. Meningkatkan peran sektor pendidikan dalam pengembangan kompetensi kesenian untuk menunjang kegiatan pendidikan.

Lomba baca Puisi dan Mendongeng diikuti oleh peserta dari Siswa tingkat SMP, SMA dan Guru TK/Paud dan SD berjumlah 51 orang.

Kemudian dilanjutkan dengan Sambutan Bupati Pesisir Barat yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Dr. Henny Yulistiani menyampaikan, Kegiatan Lomba Membaca Puisi tingkat SMA dan SMP serta lomba Mendongeng tingkat TK dan SD yang kita selenggarakan hari ini mengusung tema “Perempuan Berdaya, Pesisir Barat Maju“ merupakan kegiatan yang memiliki nilai positif dalam upaya memberikan pendidikan melalui pendekatan kesenian.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Dewan Kesenian Kabupaten Pesisir Barat dan Instansi yang mendukung atas terselenggaranya kegiatan Lomba Membaca Puisi Dan Mendongeng Ini. disamping kita membudayakan sastra di tengah pendidikan kita, aspek pengembangan diri juga akan tercapai dengan beriringan sehingga penerapan pendidikan akan menjadi maksimal.

Staf Ahli Bupati juga menegaskan ada satu hal lagi yang harus menjadi catatan pada kegiatan yang kita laksanakan ini, bahwa momen ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ibu, Ibu adalah symbol pendidikan di dalam keluarga.

Di akhir sambutannya Staf Ahli Bupati berharap melalui momen ini, mari kita kita bersama mendo’akan orang tua kita, khususnya ibu baik yang masih hidup maupun yang sudah tiada. semoga Allah SWT Tuhan yang maha esa senantiasa memberikan ampunan dan anugrah bagi semua ibu yang ada didunia ini.

Di penghujung kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada pemeneng Lomba Baca Puisi dan Mendongeng Se-Kabupaten Pesisir Barat, sekaligus peninjauan langsung Bazar UMKM yang dipasarkan di Kabupaten Pesisir Barat Oleh Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Pesisir Barat beserta jajaranya.(Hijrah)

1 Likes

Author: admin