Jakarta Bicara Pemerintahan Forkopimda Belitung Timur Ikut Rakonas Se-Indonesia Tahun 2023

Forkopimda Belitung Timur Ikut Rakonas Se-Indonesia Tahun 2023

JakartaBicara, Beltim – Bupati Belitung Timur Burhanudin bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Belitung Timur, mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Kepala Daerah dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)  se-Indonesia Tahun 2023 di Sentul City International Convention Center (SICC) – Bogor, Selasa (17/01/2023).

Rakornas yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo ini, mengangkat tema Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi. dihadiri lebih dari 4500 peserta yang termasuk dalam anggota Forkopimda provinsi dan kabupaten/ kota seluruh Indonesia serta menghadirkan narasumber dari kementerian dan lembaga.

Presiden Jokowi dalam arahannya menekankan terkait Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi.

Presiden menyebutkan, keberhasilan Penanganan Covid -19 di Indonesia berkat kerja bersama TNI-Polri dan Pemerintah Daerah (Pemda) beserta semua komponen Masyarakat.

Ia memprediksikan kalau di tahun 2023 akan terjadi Resesi Dunia, olehnya itu harus diantisipasi dengan baik.

“Inflasi terjadi di seluruh Dunia, Indonesia angka inflasi 5,5 % dan ini capaian yang baik untuk dijaga bersama,” pinta Presiden.

BPS, pinta Presiden harus bekerja sama dan menginformasikan data-data tentang kenaikan barang-barang di lapangan untuk mencegah Inflasi.

“Kemiskinan Ekstrim agar di tangani untuk menuju 0 %. Stunting menjadi target agar ditangani dengan Baik dan Terpadu,” pintanya.

Selain itu, Presiden juga menyebutkan kalau Investasi merupakan kunci Pertumbuhan Ekonomi di tahun 2023. Jangan ada lagi ijin-ijin yang dihambat (ada 2 masalah besar saat ini yaitu KKPR dan PBG).

“Investasi sekarang 53% sudah di luar Jawa. Investasi, kemiskinan, digitalisasi, TKDN,” sebutnya.

Presiden menginginkan agar tata Kota harus disiapkan dengan baik. Hal itu harus dimulai dengan desain kotanya yang baik, sehingga memiliki Diferensiasi untuk Peningkatan Keamanan dan Kenyamanan .

Terkait Stabilitas Polhukam, Presiden meminta agar semua pihak dapat menjaga Kondusifitas. Jangan ada Politik Identitas. TNI dan Polri jangan melakukan Politik Praktis. Lakukan Mapping dan Pemetaan dengan baik Daerah rawan Politik. (Ramli)

0 Likes

Author: admin