Jakarta Bicara – MSM Group Wisata & Religi Harapan untuk Bumi. Harapan untuk Kemanusiaan”, (Pekan Laudato Si’ 2023 Laudato Si’ Movement Indonesia)

Harapan untuk Bumi. Harapan untuk Kemanusiaan”, (Pekan Laudato Si’ 2023 Laudato Si’ Movement Indonesia)

JakartaBicara, Jakarta – Sekilas tentang pekan laudato Si Pekan Laudato Si dimaksudkan untuk merayakan lahirnya Ensiklik Laudato Si yang ditulis oleh Paus Fransiskus. Ensiklik tersebut menunjukkan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia pada dasarnya saling terhubung (connected).

Selain itu, Paus memperlihatkan fenomena. Perlu diketahui bahwa pada 24 Mei 2015, Paus Fransiskus secara resmi menyelesaikan Pada Maret 2020, Paus Fransiskus mengundang umat Katolik untuk mempersiapkan diri dalam rangka menandai lima tahun kelahiran Ensiklik Laudato Si.

Ia mendorong umat Katolik supaya bersukacita ketika mengejawantahkan nilai dan makna Ensiklik tersebut, yaitu merawat ciptaan (caring for creation). Namun, dalam pekan Laudato Si 2020 yaitu pada pertengahan Mei, dunia dilanda pandemi Covid-19. Masyarakat di seluruh dunia harus melakukan karantina mandiri dan beradaptasi dengan situasi serta kondisi yang ada. Meskipun demikian, umat Katolik berupaya sedemikian rupa untuk memeringati dan merenungkan pentingnya membangun dunia yang lebih baik berdasarkan semangat dasar Ensiklik Laudato Si.

Selanjutnya, pada pekan Laudato Si 2021, umat Katolik akan mengevaluasi perjalanan pertobatan ekologis (ecological conversion journey) yang dilakukan selama enam tahun terakhir dan membuat komitmen untuk periode mendatang (Oleh: Yohanes Wahyu Prasetyo OFM). penulisan Ensiklik Laudato Si.

Dunia dewasa ini, yaitu krisis ekologi (ecological crisis) dan darurat iklim (climate emergency). Untuk menguatkan berita edisi 21 Mei yang ditulis M.Siringoringo Jurnalis pusat MSM, 2023 dibawah judul “HOPE FROM EART,HOPE EAST” (HARAPAN DARI BUMI HARAPAN DARI TIMUR), Laudato si mengeluarkan release terkait “ pekan Laudato Si 2023”.

Demikian substansinya: Pekan Laudato Si’ lahir di tahun 2016 sebagai perayaan ulang tahun pertama surat ensiklik kepausan Paus Fransiskus, “Laudato Si’: On Care For Our Common Home”. Sebagaimana kita ketahui bersama, Ensiklik Laudato Si’ adalah ensiklik pertama yang secara komprehensif membicarakan tentang krisis ekologi yang dihadapi Bumi, rumah kita bersama, dan secara tegas menyerukan kepada kita semua untuk mengambil tindakan yang perlu untuk membela dan merawatnya.

Sejak saat itu, Pekan Laudato Si menjadi cara bagi semua umat Katolik untuk bersatu dan bersukacita atas kemajuan yang telah kita capai dalam menghidupkan Laudato Si’ dan berkomitmen untuk terus berdoa dan bertindak bagi rumah kita bersama. Pekan Laudato Si’ ini diselenggarakan oleh Vatican Dicastery for Promoting Integral Human Development, dan difasilitasi oleh Laudato Si’ Movement bersama mitra lainnya.

Pekan Laudato Si’ 2023 akan diselenggarakan dari tanggal 21 hingga 28 Mei untuk merayakan ulang tahun kedelapan penerbitan ensiklik Laudato Si’. Tahun ini Pekan Laudato Si’ mengambil tema “Harapan untuk Bumi, harapan untuk Kemanusiaan”, mengingat eksistensi kemanusiaan tidak dapat dilepaskan dari hakikat kodratinya di rahim Ibu Bumi.

Pekan Laudato Si’ di Indonesia menjadi gerakan serentak yang dilakukan berbagai pegiat lingkungan hidup Katolik di Indonesia. Para pegiat gerakan Laudato Si’ Movement Indonesia yang tersebar di berbagai daerah di nusantara menjadi salah satunya.

Di berbagai daerah para animator baik sebagai pribadi, maupun bersama komunitas dan lembaga mereka masing-masing menyelenggarakan aneka kegiatan untuk mengkampanyekan dan menggemakan kembali panggilan ensiklik Laudato Si’.

Berbagai agenda baik offline maupun online dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia. Semua ini bertujuan agar seruan dan panggilan ensiklik terus hidup dan menggerakkan sebanyak mungkin orang untuk berbuat sesuatu bagi kelestarian Bumi dan kehidupan rahimnya. Secara khusus pada tahun ini Tim Kerja Laudato Si’ Movement Indonesia memfokuskan diri pada penyapaan dan penguatan para pegiat Laudato Si’ di kawasan-kawasan di luar.

4 Likes

Author: admin