Jakarta Bicara – MSM Group Kesehatan & Olahraga KONI Belitung Timur Dapat Hibah Rp.3 Milyar

KONI Belitung Timur Dapat Hibah Rp.3 Milyar

JakartaBicara, Beltim – Wakil Bupati Belitung Timur Khairil Anwar mengungkapkan tahun 2024 mendatang Pemerintah Kabupaten Beltim memberikan hibah Rp3 Milyar bagi KONI Beltim. Anggaran itu diperuntukkan untuk meningkatkan prestasi olahraga dan anggaran Sekretariat KONI serta seluruh Pengkab Cabor.

Jumlah anggaran hibah yang diberikan, menurut Khairil berdasarkan kemampuan keuangan daerah. Minimnya anggaran hibah lantaran banyak kegiatan hibah lainnya yang harus diberikan oleh Pemkab Beltim.

“Ya kita tahu, di tahun 2024 mendatang merupakan tahun politik. Anggaran kita banyak yang tersedot ke sana,” ungkap Khairil saat membuka Rapat Kerja Kabupaten (Rakerkab) KONI Beltim tahun 2023 di Kantor Sekretariat KONI Beltim, Sabtu (3/11/23).

Namun Khairil optimis dengan hibah yang diberikan, KONI Beltim mampu mengolah keterbatasan anggaran dengan program kerja yang baik. Apalagi dengan adanya Rakerkab seluruh Pengkab Cabor akan ikut bersama-sama memikirkan solusi untuk memajukan prestasi olahraga di Kabupaten Beltim.

Sebenarnya adanya Rakerkab ini dalam rangka kita meningkatkan prestasi, kebersamaan dan kolaborasi. Cabor-Cabor yang dirangkul KONI dapat saling bersinergi memikirkan program kerja untuk kemajuan olahraga,” ujar Khairil.

Terakhir, Khairil memuji keberhasilan KONI Beltim dalam peningkatan prestasi olahraga. Hal ini terbukti dengan pencapaian medali saat Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Kepulauan Bangka Belitung di Bangka Barat September 2023 lalu.

“Kita dari Pemerintah Daerah mengucapkan banyak-banyak terima kasih. Dengan perolehan 144 medali dan semuanya atlet Kabupaten Beltim tanda bukti nyata prestasi olahraga kita maju dari tahun-tahun sebelumnya, namun jangan cepat berpuas diri,” puji Kharil.

Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VII Kepulauan Bangka-Belitung akan berlangsung pada tahun 2026 mendatang. Pelaksanaan Porprov VII akan berlangsung di tiga tempat yakni Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka dan Bangka Tengah.

Berbeda dengan Porprov sebelumnya yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota, khusus untuk pelaksanaan Porprov VII ini kepanitiaan pelaksanaan akan langsung diambil-alih oleh KONI Provinsi Babel.

Hal ini diungkapkan Ketua Umum KONI Provinsi Babel Ricky Kurniawan saat menghadiri Rapat Kerja Kabupaten (Rakerkab) KONI Beltim tahun 2023 di Kantor Sekretariat KONI Beltim, Sabtu (3/11/23).
Porprov VII Tahun 2026 ini kita (KONI Babel) yang melaksanakan. Dalam waktu dekat kita akan membuat Panitia Besar Poprov,” kata Ricky.

Pengambilalihan ini lantaran KONI Babel ingin benar-benar meningkatkan prestasi atlet dan menghindari kepentingan daerah. Sekaligus untuk persiapan atlet Provinsi Babel untuk pelaksanaan PON.

Kita tidak ingin ada lagi kemunduran pelaksanaan Porprov karena daerah tidak siap. Hal ini akan berimbas pada persiapan PON, di mana kita akhirnya kekurangan waktu untuk pembinaan atlet Provinsi,” jelas Ricky.

Ricky juga akan mengupayakan pada Porprov VII ini cabang-cabang olahraga yang akan dipertandingkan di PON akan dilaksanakan di Porprov. Tujuannya agar KONI Babel dapat dengan baik menyeleksi atlet-atlet yang akan dibawa ke PON.

“Prinsip kita biar sedikit membawa atlet yang benar-benar berpotensi namun memperoleh banyak medali, dari pada banyak membawa atlet banyak namun hanya sedikit yang memperoleh medali,” ujar Ricky.(ramli).

2 Likes

Author: admin