Jakarta Bicara – MSM Group TNI & POLRI Pamatwil Mabes Polri Lakukan Asistensi dan Supervisi Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024 di Polda Kalbar

Pamatwil Mabes Polri Lakukan Asistensi dan Supervisi Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024 di Polda Kalbar

JakartaBicara, Pontianak Kalbar – Karobankum Divkum Polri Brigjen Pol Veris Septiansyah, S.IK, M.Si, MH. selaku Katim Pamatwil Mabes Polri dalam rangka Operasi Mantap Brata Kapuas 2024 menyampaikan apresiasi atas kesiapan Polda Kalbar dalam menghadapi Pemilu 2024, Hal tersebut disampaikan pada saat melihat Ruang Coment Center sebagai Pusat posko OMB Kapuas serta mamantau langsung jalannya Latihan Tactical Floor Game (TFG) atau Geladi Posko menghadapi perubahan situasi Kamtibmas saat pemungutan Suara dan pasca pemungutan suara pemilu 2024 di Graha Khatulistiwa Polda Kalbar, selasa (13/2/24).

Kabidhumas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya S.IK., M.M saat dikonfirmasi media menyampaikan Salah satu fokus utama tim Pamatwil adalah Mengecek secara keseluruhan kesiapan Polda Kalbar dalam mengantisipasi Pengaman Pemilu dan juga mengecek Posko Comand Center sebagai pusat Kendali OMB Kapuas 2024 Polda Kalbar.

“Posko ini akan menjadi pusat kendali pengamanan Pemilu 2024 di wilayah Kalimantan Barat. Tim Pamatwil memastikan bahwa posko tersebut telah dilengkapi dengan peralatan dan teknologi yang memadai untuk memantau situasi keamanan di seluruh wilayah Kalbar,” Ujar Kabidhumas

Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit RismantoS.IK. M.H yang mendampingi tim Pamatwil dalam kunjungannya ke Posko Comand Center menjelaskan bahwa Polda Kalbar telah melakukan berbagai persiapan untuk mengamankan Pemilu 2024. Beberapa persiapan yang telah dilakukan Polda Kalbar antara lain:

1. Pemetaan potensi kerawanan: Polda Kalbar telah memetakan potensi kerawanan di seluruh wilayah Kalimantan Barat. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan selama Pemilu 2024.

2. Peningkatan patroli: Polda Kalbar meningkatkan patroli di wilayah-wilayah yang rawan terjadi gangguan keamanan.

3. Koordinasi dengan stakeholder terkait: Polda Kalbar telah melakukan koordinasi dengan berbagai stakeholder terkait, seperti KPU, Bawaslu, dan TNI, untuk memastikan kelancaran Pemilu 2024.

Dalam kesempatan yang sama Kapolda Kalbar bersama tim Pamatwil Mabes Polri melakukan pengecekan berbagai Satgas yang ada diposko Comand Center

“Saya sangat mengapresiasi kinerja Polda Kalbar dalam hal ini membuat sistem 24 jam untuk piket satgas dalam OMB Kapuas 2024, mulai dari satgas, Preventif, Preemtif, Humas, Siber, dan TIK dalam membantu pengawasan dan monitoring kejadian dan isu dalam perkembangan dinamika yang ada,” Ujar Brigjen Pol Veris.

Kunjungan Tim Pamatwil Mabes Polri ke Polda Kalbar merupakan langkah penting untuk memastikan kesiapan Polda Kalbar dalam pengamanan Pemilu 2024. Dengan kesiapan yang matang, diharapkan Pemilu 2024 di Kalimantan Barat dapat berjalan dengan aman, lancar, dan kondusif.

Disamping melakukan pengecekan Posko Operasi Coment Center tim Pamatwil juga memantau Langsung pelaksanaan latihan Tactical Floor Game(TFG) atau Gladi Posko yang dipimpin langsung oleh Kapolda Kalbar dan di ikuti oleh seluruh Satgas OMB.

Pada Saat memantau Pelaksanaan Latihan Brigjen Veris memberikan pesan agar menjadikan pengalaman pemilu-pemilu sebelumnya sebagai pelajaran untuk mengantisipasi pada pelaksanaan pemilu 2024 ini,

“Agar Polda Kalbar bisa berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait sesuai kewenangan dan tupoksi masing-masing untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, sebagaimana polri yang harus netral terhadap pelaksanaan pemilu 2024, jangan sampai ada tindakan-tindakan yang bukan tupoksinya akan dijadikan bahan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab bahwa seolah-olah polri tidak netral,” tutup Brigjen pol Veris.

(Hepni JK)

2 Likes

Author: admin