Jakarta Bicara – MSM Group Pemerintahan Masyarakat Diberikan Kemudahan Pendaftaran BPJS Melalui Sistem Online SIPERJAKE

Masyarakat Diberikan Kemudahan Pendaftaran BPJS Melalui Sistem Online SIPERJAKE

JakartaBicara, Indragiri Hilir – H. Tantowi Djauhari, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Indragiri Hilir, kembali menyoroti inovasi dalam pelayanan publik melalui Sistem Pendaftaran Jaminan Kesehatan (SIPERJAKE). Dalam pertemuan di ruang kerjanya, beliau menjelaskan bahwa SIPERJAKE adalah sebuah sistem berbasis teknologi yang memanfaatkan Google Form untuk pendaftaran secara online.

“Dengan mengisi formulir tersebut, masyarakat yang kurang mampu tidak perlu lagi mendatangi kantor Dinas Sosial untuk mendaftarkan diri dan memperoleh jaminan kesehatan melalui BPJS PBI,” ungkapnya.

Sebelum adanya SIPERJAKE, pendaftaran BPJS masih menggunakan sistem manual, yang membuat masyarakat kurang mampu harus datang langsung ke kantor Dinas Sosial untuk mendaftarkan diri atau anggota keluarganya.

“Terkhusus bagi masyarakat yang tinggal jauh dari pusat pelayanan di Tembilahan, hal ini tentu menjadi kendala karena biaya dan waktu yang harus dikeluarkan cukup besar untuk menuju ke kantor Dinas Sosial,” tambahnya.

Tantowi juga menyampaikan bahwa bagi masyarakat yang tidak memiliki perangkat handphone android, mereka dapat meminta bantuan kepada Pemerintah Desa atau Kelurahan untuk membantu proses pendaftaran BPJS.

“Dengan adanya inovasi SIPERJAKE, diharapkan pelayanan publik di Dinas Sosial Kabupaten Indragiri Hilir semakin mudah dan efisien,” tegasnya.

Inovasi ini menjadi langkah nyata dalam memperbaiki sistem pelayanan publik, sehingga lebih inklusif dan memperhatikan kebutuhan masyarakat, terutama yang berada di daerah terpencil. Dengan pendaftaran online melalui SIPERJAKE, diharapkan akses terhadap jaminan kesehatan melalui BPJS semakin merata dan mudah dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Dum Y.N.M.0793

5 Likes

Author: admin