Ambulans, Arti Dan Manfaatnya?

JakartaBicara, Jakarta – Adharta,Ongkosaputra. Ketua Umum KRIS (Kill Covid-19 Relief Internasional Servic mengenang waktu mengikuti Turnamen Golf Ulang Tahun ke 3 Killcovid-19 Di Sedayu Indo Golf yang pernah saya publikasikan beberapa waktu yang lalu di media ini.

Acara selesai jam 15.00 tetapi saya kata Adharta,ada janji jam 15.30 di Kelapa Gading. Hampir tidak mungkin menjangkau Kelapa Gading dari Pantai Indah Kapuk (PIK) dalam waktu 30 menit ujarnya lagi. Tapi Pak Harling memang Cerdas Beliau mengusulkan pakai Ambulance Killcovid-19 yang sedang di parkir tepat depan Lobby kata dia.

Akhirnya saya naik ambulance dan apa yang terjadi lanjut Adharta, saya tiba di kantor Kelapa gading tepat 15.30 jadi 30 menit perjalanan dalam kondisi jalan cukup macet. Saya saksikan sendiri para Gojek membuka jalan membantu ambulance lewat Para pengemudi Taxi, Pengemudi kendaraan Umum, Bus semua membantu membuka jalan .

Apa itu arti Ambulans dan manfaatnya ?
Ambulance berasal dari bahasa latin Ambulare atau bergerak. Ambulans adalah alat transportasi yang termasuk sebagai bentuk pelayanan medis dan fungsi ambulans yang utama adalah untuk membantu berbagai kondisi gawat darurat, seperti kecelakaan lalu lintas, pasien serangan jantung mendadak, dan lain sebagainya.

Fungsi ambulans adalah untuk mengangkut serta memberikan pertolongan pertama pada pasien selama dalam perjalanan menuju rumah sakit. Apakah fungsi ambulans hanya sebatas itu saja? Tentu tidak. Mobil ambulans adalah unit transportasi atau kendaraan medis yang dilengkapi dengan peralatan medis dan berfungsi untuk mengangkut serta memberikan pertolongan pertama untuk pasien selama dalam perjalanan menuju rumah sakit. Pada bagian luar, kendaraan ini juga dilengkapi dengan perangkat sirine dan lampu rotator darurat yang digunakan untuk memberi tahu pengguna jalan lainnya untuk memberikan jalan kepada mobil ambulans yang sedang beroperasi.

Mobil ambulans adalah sarana yang termasuk dalam sistem penanggulangan gawat darurat terpadu seperi :

1. Ambulans Dasar Ambulans dasar merupakan jenis ambulans yang memiliki perlengkapan medis dasar. Adapun kegunaan ambulans dasar adalah untuk mengangkut pasien yang kondisinya relatif stabil dan memiliki jarak yang dekat dengan fasilitas kesehatan.

2. Ambulans Transportasi Ambulans transportasi merupakan jenis mobil ambulans yang berfungsi untuk memindahkan pasien ke rumah sakit terdekat dari jarak sedang hingga jauh. Oleh karenanya, perlengkapan medis yang disediakan oleh ambulans transportasi cenderung lebih lengkap bila dibandingkan dengan ambulans dasar.

3. Ambulans Lengkap sesuai dengan namanya, ambulans lengkap menyediakan peralatan medis yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan jenis mobil ambulans lainnya. Fungsi ambulans lengkap adalah untuk membawa pasien gawat darurat yang kondisinya telah distabilisasi dari lokasi kejadian menuju rumah sakit dengan jarak cukup jauh.

Perbedaan Ambulans dan Mobil Jenazah.
Jika dilihat dari bentuk kendaraannya, mobil ambulans memiliki tampilan yang serupa dengan mobil jenazah. Sebetulnya, dua alat transportasi ini memiliki perbedaan yang signifikan, baik dari fungsi hingga perlengkapan medisnya. Berikut penjelasannya.

1. Kondisi Ruangan di Dalam Mobil, Salah satu perbedaan mobil jenazah dan ambulans terletak dari kondisi ruangannya. Mobil ambulans memiliki ruangan yang luas karena perlu membawa berbagai macam peralatan medis. Ruangan di dalam mobil jenazah cenderung lebih kecil karena hanya untuk membawa jenazah dari rumah sakit menuju pemakaman atau rumah duka.

2. Prioritas dalam Lalu Lintas, Pada dasarnya, baik ambulans maupun mobil jenazah perlu diprioritaskan di dalam lalu lintas jalan raya. Namun, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 1993 tentang Prasarana dan Lalu Lintas Jalan, mobil ambulans yang mengangkut orang sakit lebih diprioritaskan daripada iring-iringan pengantaran jenazah.

3. Fasilitas Medis, Perbedaan ambulans dan mobil jenazah berikutnya dapat dilihat dari fasilitas medis yang melengkapi ruangan di dalam mobil tersebut. Mobil jenazah tidak memerlukan peralatan medis untuk menangani pasien sehingga hanya dilengkapi oleh tempat untuk meletakkan jenazah dan kursi untuk pendamping jenazah.

Sementara itu, mobil ambulans dilengkapi dengan berbagai peralatan medis dan obat-obatan yang berfungsi mengoptimalkan pertolongan pertama untuk pasien dengan kondisi yang gawat darurat.

Di mobil ambulans, tenaga medis akan terus memantau kondisi dan tanda-tanda vital dari pasien, seperti pernapasan dan tekanan darah agar tetap stabil selama di perjalanan menuju rumah sakit.
Menurut Adharta yang memiliki semboyannya : “Mari kita sehati,sepikir dan satu tujuan untuk Indonesia Sehat” ini, mengatakan Ambulance buat saya punya arti tersendiri yaitu :

1. Tangan Tuhan untuk menyelamatkan Korban yang perlu ditolong
2. Ini merupakan buah Kasih Orang yang punya Hati mau menolong sesama
3. Merupakan sebuah simbol kebaikan para Relawan Tenaga Medis tentang kecepatan penanganan
Korban
4. Bisa menjadi Rumah sakit Berjalan (seperti namanya Ambulare)
5. Suara ambulance memberikan informasi siapa Dia dan apa yang dia bawa kalau tidak salah ada 5
arti bunyi sirene
6. Sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai antisipasi pertolongan pert

Dia menceritakan bahwa, Ada seorang RW di bilangan Bekasi (saya salut sama warga disini kompak dan saling membantu namanya bisa tanya ibu Monica. Dia telepon, saya bilang bagaimana caranya RW kami bisa punya sebuah Ambulans apakah beli cicilan atau bantuan , Saya sangat tertegun dan terharu sekali Warga kami sering sakit dan rumah sakit jauh jauh perlu Ambulans bagi kami Warga RW dan bisa membantu warga tetangga.Seandainya saya memiliki dana cukup pasti saya bantu, Kalau ada sahabat yang ingin atau mau bantu mungkin kita bisa patungan (Hubungi saya di 0816707101), Mari melangkah menuju Indonesia Sehat ,Indonesia emas 2045, tutup nya.(Ring-o)

9 Likes

Author: admin