Jakarta Bicara – MSM Group Pendidikan Pengembangan Kegiatan Bermain Bagi Anak ADHD dan Autism

Pengembangan Kegiatan Bermain Bagi Anak ADHD dan Autism

JakartaBicara, Jakarta – Workshop PengabdianKepada Masyarakat dengan tema Pengembangan Kegiatan Bermain Bagi Anak ADHD dan Autism Melalui Alat Permainan Edukatif dari Barang Bekas yang dilaksanakan oleh Mahasiswa Pascasarjana Program Studi Anak Usia Dini dengan ketua Dr. Pujiarto, M.Pd dari Universitas Panca Sakti Bekasi ini dipimpin oleh Direktur Pascasarjana Dr. Nita Priyanti, M.Pd telah terselenggara dengan baik yang berlokasi di Gedung Aula Perpustakaandan Kearsipan Jakarta Utara.

Pada tanggal 26 Maret 2024, UniversitasPancasakti Bekasi dan PD IGRA Jakarta Utara bekerjasama menyelenggarakan Workshop Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Pengembangan Kegiatan Bermain Bagi Anak ADHD dan Autism Melalui Alat Permainan Edukatif dari Barang Bekas” di Aula Perpustakaan Jakarta Utara. Kegiatan dilaksanakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kualitas Guru-guru RA JAKARTA dengan menghadirkan Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Panca Sakti Bekasi sebagai Narasumber.

Kegiatan Workshop yang dibuka oleh Pengawas RA Kementerian Agama Dewi Ratnasari, M.Pd dihadiri oleh 112 guru RA Jakarta Utara yang merupakan perwakilan guru-guru RA dari kawasan daerah Penjaringan, Cilincing, Koja, Pademangan, dan Tanjung Periuk. Tamu undangan yang turut hadir adalah Kepala Suku Dinas Perpustakaan Jakarta Utara Drs. Gunas Mahdianto M. Sidan Ketua PD IGRA Jakarta Utara yang diwakili oleh H. Siti Khodijah. Kegiatan Workshop yang dilaksanakan secara blended learning diawali dengan sambutan oleh Dr.Pujiarto, M.Pd sebagai ketua pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Pengabdian Kepada Masyarakat yang berjalan selama satu bulan dimulai tertanggal 15 Maret 2024 sampai 15 April 2024 merupakan upaya untuk melaksanakan program Tri Dharma Perguruan Tinggi tingkat Nasional dalam mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi dan seni. Kegiatan ini juga sebagai usaha pengembangan mayarakat berbasis kebutuhan prinsip dari hasil temuan permasalahan dalam ruang lingkup pendidikan anak usia dini serta untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan memecahkan masalah dalam pengembangan IPTEKS berbasis penelitian serta pengabdian masyarakat.

Workshop yang disponsori oleh Baznas dan penerbit Erlangga disambut antusias oleh guru-guru RA Jakarta Utara. Guru-guru mengikuti kegiatan tersebut dengan semangat seperti saat berkreativitas membuat Alat Permainan Edukatif untuk anak dengan kecenderungan ADHD dan Autism dari barang bekas. Guru-guru dihibur dengan tampilan permainan sulap yang memeriahkan suasana workshop. Workshop ini juga dirangkai dengan kegiatan GERNAS CINTAQU, kegiatan ngaji bersama guru RA Jakarta Utara.

Workshop Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan meningkatkan kualitas guru RA agar dapat memberikan layanan, inovasi pembelajaran, stimulasi kreatifitas para Guru RA didalam mengimprovisasi alat permainan edukatif menggunakan barang bekas untuk kegiatan bermain bagi anak ADHD dan Autism. PKM yang beranggotakan Subur Sutrismi, S.Pd.I, Annisa Hakim, S.Pd, Ruyanah, S.Pd., Gr, Fahmarisa Herbanin Radie, S.Pd, Robby Nofrianto, S.Pd sebagai Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini UniversitasPancasakti Bekasi diharapkan dapat memberikan manfaat untuk meningkatkan kreatifitas Guru RA Jakarta Utara, meningkatkan mutu Pendidikan dan kualitas Guru RA Jakarta Utara didalam mempersiapkan masa depan generasi, menjadikan pengalaman belajar bagi para mahasiswa didalam melaksanakan program Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adapun harapan kedepannya adalah adanya kerjasama dan kegiatan lainnya yang dapat meningkatkan kualitas guru RA dalam memberikan layanan pendidikan anak usia dini.

Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Utara Drs. Gunas Mahdianto M. Si turut hadir pada acara Seminar Workshop dengan penyampaian pesan dan kesan yang dapat memberikan semangat baru bagi para peserta Guru-guru RA JAKARTA UTARA untuk dapat meningkatkan kreatifitas dari pengembangan keterampilan Guru-guru di acara Seminar Worshop demi peningkatan mutu pendidikan dalam rangka mencerdaskan generasi bangsa khususnya pada program pendidikan anak usia dini.

(Robby)

4 Likes

Author: admin