JakartaBicara.Com Daerah Desa kaliabu manfaatkan DD untuk pembangunan drainase

Desa kaliabu manfaatkan DD untuk pembangunan drainase

Spread the love

JakartaBicara, Madiun – Pembangunan drainase yang berlokasi di wilayah dusun lemahireng Desa kaliabu kecamatan Mejayan kabupaten Madiun menelan anggaran Alokasi Dana Desa (DD) untuk pembangunan drainase sebesar Rp. 70.000.000. Pembangunan drainase dikerjakan secara swakelola oleh TPK (Tim Pelaksana Kegiatan) desa Kaliabu.

Tujuan dibangunnya drainase ini untuk memperlancar dan mengefektifkan saluran air agar pada saat hujan saluran air tidak tersumbat dan menyebabkan banjir. Selain itu juga untuk memperlancar irigasi persawahan yang ada dilingkungan RT 12 dan 13 Dusun lemahireng desa kaliabu Kecamatan Mejayan kabupaten madiun.

Menurut Suwondo kepala desa kaliabu mengatakan bahwa sebelumnya drainase yang ada kurang efektif menampung air hujan sehingga sering meluap ke jalan sebab drainase lama masih berupa parit Tanah dan sudah dangkal.

Maka dengan memanfaatkan dana desa dibangun drainase yang baru agar lebih efektif sebagai jalur air dan mencegah luapan air menggenang dijalan.

Menurut Suwondo pembangunan drainase ini sudah sesuai rencana anggaran belanja(RAB) dan menelan biaya keseluruhan 70 juta yang bersumber dari dana desa kaliabu tahun 2022.

“Ini kita alokasi dari dana desa kita untuk pembangunan drainase sebab drainase lama masih parit dan sudah dangkal maka kita bangun tujuannya untuk mencegah luapan air ke jalan selain itu juga untuk memperlancar irigasi persawahan warga sini” terang kades.
Ini kita bangun bertahap sesuai alokasi dana desa yang ada”imbuhnya”

Pewarta: eko kaperwil jatim

3 Likes

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.