Jakarta Bicara – MSM Group TNI & POLRI Ini Bhakti Kesehatan Polda Maluku Jelang HUT Bhayangkara ke-76

Ini Bhakti Kesehatan Polda Maluku Jelang HUT Bhayangkara ke-76

JakartaBicara, Maluku – Menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-76 pada 1 Juli 2022 mendatang, Kepolisian Daerah Maluku menggelar kegiatan bhakti kesehatan untuk membantu masyarakat.

Sejumlah kegiatan bhakti kesehatan yang sudah dan akan dilakukan yaitu donor darah, operasi bibir sumbing gratis, pengobatan gratis, khitanan massal gratis, dan sejumlah kegiatan lainnya.

Rangkaian kegiatan bhakti kesehatan itu disampaikan Kabid Dokkes Polda Maluku, Kombes Pol drg. Subur dalam dialog interaktif di kantor RRI Ambon, Rabu (8/6/2022).

Dialog publik menjelang HUT Bhayangkara ini mengusung tema “Bhakti kesehatan Polda Maluku menuju 76 tahun bhakti Polri kepada Ibu pertiwi.”

Kegiatan tersebut juga menghadirkan satu narasumber lainnya yaitu Sekretaria Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, drg. Mega Aziza.

Menurut Mega Aziza, peran Bidang Dokkes Polda Maluku dalam melayani kesehatan masyarakat sangat membantu Pemerintah Provinsi Maluku khususnya di masa pandemi covid-19.

“Bidang dokter dan kesehatan Polda Maluku selalu proaktif dalam penanganan pasien covid-19 yang ada di Maluku,” katanya.

Mengenai situasi kesehatan masyarakat di wilayah Maluku saat ini, Mega meminta masyarakat agar tetap menjaga kesehatan. Sebab, saat ini banyak masyarakat yang mengidap penyakit ispa. Meski begitu, ia meminta masyarakat agar jangan khawatir karena tidak semua batuk dan flu adalah covid-19.

“Masyarakat diharapkan agar selalu menjaga kesehatan diri masing-masing,” pintanya.

Terkait dengan akan dilaksanakan operasi bibir sumbing secara gratis oleh Polda Maluku pada 10 Juni 2022 mendatang, Mega Aziza menyampaikan apresiasinya. Kegiatan yang mendatangkan dokter ahli bedah mulut ini akan sangat membantu masyarakat kurang mampu.

“Kami berharap adanya partisipasi semua pihak dalam mensukseskan program kesehatan Bidang Dokes Polda Maluku jelang perayaan HUT Bhayangkara ke 75 nanti,” ajaknya.

Kabid Dokkes Polda Maluku drg. Subur menambahkan, bhakti kesehatan yang telah dilaksanakan salah satunya donor darah. Donor darah dilaksanakan secara serentak di Polres jajaran Polda Maluku. Selama dua hari sejak Senin (6/6/2022) hingga Selasa (7/6/2022), terdapat 600 kantong darah yang telah disumbangkan ke Palang Merah Indonesia (PMI) wilayah Maluku.

Donor darah, kata Subur, juga merupakan salah satu kegiatan Polri di seluruh Indonesia dalam menyambut HUT Bhayangkara ke-76. Kegiatan ini dilakukan sekaligus memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI).

Selain donor darah, pihaknya juga melakukan pengobatan gratis dan khitanan massal dengan jumlah peserta yang dikhitan sebanyak 30 orang anak.

“Untuk operasi bibir sumbing gratis jumlah peserta sebanyak 40 orang yang bukan saja berasal dari kota Ambon, Maluku tapi juga berasal dari Maluku Utara, Papua Barat dan Makassar. Operasi bibir sumbing dapat dilaksanakan atas kerjasama dengan Yayasan Smile Train Indonesia,” kata dia.

Tak hanya itu, bhakti kesehatan yang akan dilaksanakan adalah vaksinasi covid-19. Vaksinasi akan dipusatkan di lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Kota Ambon.

“Polda Maluku akan menargetkan sepuluh ribu orang yang akan di vaksin Covid-19 di gerai Vaksin yang ada di lapangan Tahapary Tantui Ambon,” pungkasnya.

3 Likes

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *