Jakarta Bicara – MSM Group Pemerintahan Dr Asbaruddin STP MM MEng Plh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh Secara Resmi Menutup Workshop P4GN di Lingkungan Sekolah

Dr Asbaruddin STP MM MEng Plh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh Secara Resmi Menutup Workshop P4GN di Lingkungan Sekolah

JakartaBicara, Banda Aceh – Plh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh, Dr Asbaruddin STP MM MEng secara resmi kegiatan menutup Workshop Penerapan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Narkotika (P4GN) di Lingkungan Sekolah, di Hotel Diana, Banda Aceh, Rabu, (06/12/2023).

Mengawali sambutannya Asbaruddin mengatakan ke peserta guru tidak hanya mengajar tapi mendampingi dan mendidik, guru bimbingan konseling (BK) harus menjadi garda terdepan dalam upaya mencegah dan mendeteksi dini agar anak didik tidak terlibat narkoba. Namun apabila ada siswa yang terlanjur terlibat dengan pemakaian narkoba, harus segera dilakukan pembinaan. “Bila perlu direhabilitasi,” tegasnya.

Asbaruddin menyampaikan tujuan utama kegiatan ini adalah memberikan informasi yang sangat penting akan bahaya narkoba kepada para guru BK dibantu oleh seluruh warga sekolah terutama guru dan tenaga pendidikan. Namun demikian, persoalan narkoba juga harus menjadi tangung jawab moral seluruh guru dan perlakukan anak didik seperti anak sendiri.

Workshop yang berlangsung sejak 3-6 Desember 2023 ini dibuka oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Inspirasi Keluarga Anti Narkoba (DPP IKAN), Syahrul Maulidi SE MSi.

Syahrul Maulidi menyebutkan saat ini remaja dan siswa juga sudah menjadi sasaran bandar narkoba, sebab mereka sangat mudah dipengaruhi dan diajak untuk mencoba hal baru dalam pergaulannya.

“Orang tua dan guru mesti waspada dan mengenal ciri-ciri remaja yang mulai mengkonsumsi narkoba,” Melalui workshop ini diharapkan guru BK dapat memahami perubahan perilaku siswa, ketika ada persoalan terutama yang berkaitan dengan penyalahgunaan narkoba bisa segera ditangani dengan tepat.

Kegiatan workshop ini terselenggara atas kerjasama Dinas Pendidikan Aceh dan DPP IKAN serta dukungan program dari Pokok Pikiran Tgk H. Irawan Abdullah, S.Ag Anggota Komisi I DPR Aceh Fraksi PKS. Dengan menghadirkan narasumber Agus Mulya, S.Pd, M.Si Kabag Umum BNNP Aceh, Syahrul Maulidi, SE, M.Si, Tathi Yunis, ST, Karjuniwati, M.Psi, Psikolog, Vera Nova, M.Psi, Psikolog, Dr Juanda, SE MM dan Dian Budi Wijaksono, S.Ikom, M.Ikom.

(TH)

4 Likes

Author: admin