Jakarta Bicara – MSM Group Daerah Terjadinya Longsor di Kabupaten Humbahas Karena Rusaknya Keseimbangan Ekosistim Hutan Dengan Adanya Penebangan Kayu

Terjadinya Longsor di Kabupaten Humbahas Karena Rusaknya Keseimbangan Ekosistim Hutan Dengan Adanya Penebangan Kayu

JakartaBicara, Humbang Hasundutan – Penebangan Kayu Ilegal di Humbahas Penyebab terjadinya Tanah Longsor dan Banjir Bandang di HUMBAHAS, Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjar Nahor SE menyampaikan pernyataan terkait bencana alam tanah longsor dan banjir bandang yang melanda Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, dalam lima hari terakhir.

Menurutnya, penyebab bencana tersebut adalah adanya penebangan kayu liar/ilegal di Desa Sitolu Bahal, Kecamatan Lintong ni Huta, tepat di atas Desa Simangulampe. Pernyataan ini disampaikan pada Selasa, 5 Desember 2023.

Dosmar Banjar Nahor SE mengetahui adanya penebangan kayu liar melalui sebuah video yang diunggah oleh seorang individu. Setelah mengkonfirmasi kebenarannya, Bupati langsung melakukan peninjauan di lokasi. Hasilnya, terbukti bahwa penebangan kayu liar/ilegal terjadi di hutan lindung Desa Sitolu Bahal, Kecamatan Lintong ni Huta, seluas kurang lebih 4 hektar, dan secara resmi dinyatakan sebagai kegiatan ilegal.

Bupati Dosmar Banjar Nahor SE mengecam tindakan tersebut dan menginstruksikan aparat untuk menyelidiki dan menindak tegas para pelaku penebangan kayu liar/ilegal tersebut.

Dia menegaskan bahwa dalam kurun waktu delapan tahun menjabat sebagai Bupati Humbang Hasundutan, belum pernah dikeluarkan Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL) untuk penebangan kayu di hutan lindung.

Dosmar Banjar Nahor SE juga menduga adanya keterlibatan pihak tertentu. Namun, Bupati belum merinci instansi atau aparat yang dimaksud.

Lebih lanjut, Dosmar Banjar Nahor SE menjelaskan bahwa izin penebangan kayu untuk hutan lindung dikeluarkan oleh Pusat dan Provinsi, bukan oleh Kabupaten. Hal ini menyebabkan banyak pelaku penebangan kayu mengklaim memiliki izin.

Bupati mengingatkan akan pentingnya mengawasi dan menegakkan regulasi terkait penebangan kayu, serta berkomitmen untuk memberantas praktik ilegal yang merugikan lingkungan.

(Anton Anggiat Purba)

5 Likes

Author: admin