Jakarta Bicara – MSM Group Sosial & Budaya Desa Menganti Menggelar Tradisi Sedekah Bumi

Desa Menganti Menggelar Tradisi Sedekah Bumi

JakartaBicara, Jepara – Sedekah Bumi merupakan suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur atas nikmat Allah SWT, yang telah memberikan rezeki melalui bumi. Dan upacara sedekah bumi ini ternyata sangat populer di Indonesia, terutama khususnya di pulau Jawa.

Begitu juga Seperti yang digelar di Desa Menganti kecamatan Kedung kabupaten Jepara. Sedangkan tujuan dilaksanakannya upacara sedekah bumi di kampung Menganti yaitu sebagai ucapan rasa syukur masyarakat kepada Tuhan atas limpahan dan karunia dalam bentuk hasil bumi di sawah selama setahun sebelumnya. Hal itu yang dikatakan oleh Petinggi Desa Menganti Ali Mansur, saat ditemui awak media di Balai Desa. Senin, (13/6/2022).

Ali juga mengucapkan terima kasih sebanyak banyaknya kepada seluruh lapisan masyarakat, para tokoh Agama, Pemuda – Pemudi dan khususnya seluruh perangkat desa, tambahnya.

Untuk anggaran sedekah bumi ini kami menghabiskan anggaran Rp.100.000.000,-. Sedangkan yang tertuang dalam APBDes 2021, sekitar Rp.55.000.000,-, yang selebihnya dari para donatur. Dan termasuk juga untuk kegiatan lain lain seperti kami gunakan untuk menyelenggarakan beberapa kegiatan perlombaan, diantaranya : Volly ball , Memancing, Gantangan Burung, Bulutangkis, Tilawatil Qur’an dan Pidato bagi anak SD/MI dan yang terakhir kegiatan jalan sehat yang diikuti sekitar 3000 orang masyarakat, jelasnya.

Ali Mansur selaku Petinggi Desa setempat juga mengungkapkan kegiatan puncak sedekah bumi ini kami tutup dengan pagelaran Kethoprak Wahyu Budoyo dengan tema “Ampak ampak Tulong Agung, Indrokusuma Jumeneng Ratu”. Pungkasnya.
(Yusron)

4 Likes

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *