JakartaBicara.Com Sosial & Budaya Desa Tengguli Gelar Festival Nasi Pincuk 1000 Samir, di Tempat Wisata Loka Jaya

Desa Tengguli Gelar Festival Nasi Pincuk 1000 Samir, di Tempat Wisata Loka Jaya

Spread the love

JakartaBicara, Jepara – Festival tersebut merupakan rangkaian dari sedekah bumi Desa Tengguli kecamatan Bangsri kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan diawali dengan tradisi Ambengan atau arak arakan yang diikuti semua masyarakat dari RT 01 RW 01 sampai RT 01 RW 15 dengan total peserta sekitar 16 kelompok dengan mengusung 1000 Samir yang ditata seperti menyerupai gunung. Titik kumpul puncak karnaval difokuskan di tempat wisata Loka Jaya. Minggu, (26/06/2022).

Saat dikonfirmasi Petinggi Desa Tengguli Fatkhur, SH., MH., menyampaikan, kegiatan ini merupakan sesi kedua setelah yang pertama digelar turnamen bola voli antar RW.

Kemudian dengan diadakannya karnaval ini, sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan dan nikmat yang selama ini diberikan oleh Tuhan Maha Kuasa, terutama hasil bumi. Ucapnya.

Sedangkan untuk rute “Festival Nasi Pincuk 1000 Samir” itu start dari halaman balai desa Tengguli, menuju Dukuh Kali Telon ke Dukuh Tuban, disambung lagi ke Dukuh Klemlokho manis, lalu ke Dukuh Sebeduk, lanjut lagi ke Dukuh Guntur, kemudian menuju Dukuh Tengguli lalu melewati Dukuh Gundul dan berakhir di taman wisata “Loka Jaya”.

Puncak acara sedekah bumi akan ditutup dengan pagelaran wayang kulit pada tanggal : 1 Juli 2022 dan kami adakan di depan halaman saya, Pungkasnya Fatkhur.
(Yusron)

1 Likes

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.