JakartaBicara.Com Sosial & Budaya Ketoprak Dijadikan Tradisi Sedekah Bumi, di Desa Ngasem

Ketoprak Dijadikan Tradisi Sedekah Bumi, di Desa Ngasem

Spread the love

JakartaBicara, Jepara – Pemerintah Desa Ngasem Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara, menyuguhkan pagelaran Ketoprak sehari semalam suntuk. Yang dimulai dari pukul : 13.00 sampai 17.00 WIB, dan dilanjutkan nanti malam pukul : 20.00 WIB sampai dengan selesai.

Acara itu dalam rangka sedekah bumi dan sekaligus sambungan dari rangkaian sebelumnya.

Dalam kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Forkompimcam Batealit, seperti Camat, Mustakim. SE., M.Si., Kapolsek Batealit. Iptu. M. Teguh Pujadi., Danramil Batealit. Kapten Chb Purwanto., Babinsa. Koptu Haryadi, Bhabinkantibmas, Aipda Juni Setiawan, dan segenap RT/RW beserta beberapa tokoh masyarakat dan budaya.

Menurut kepala Desa/Petinggi Desa Ngasem, Surjono. SH., Mengatakan sedekah bumi merupakan salah satu adat tradisi ditengah tengah masyarakat, bisa dikatakan sebagai warisan budaya yang turun temurun dari generasi ke generasi hingga saat ini.

Seperti yang kita lihat saat ini, ratusan masyarakat sangat antusias dan bersemangat untuk menyaksikan tontonan Ketoprak “Kancil Joyo” dari Dukuh Sekti kabupaten Pati. Dengan mengusung sebuah tema “Berdirinya Masjid Demak”, ucapnya.

Hal itu disampaikan oleh Surjono, pada awak media saat dikonfirmasi di Balai Desa. Minggu, (17/07/2022).

Petinggi juga menuturkan kalau sedekah bumi ini sendiri sebagai bentuk ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan yang maha kuasa, atas limpahan Rahmad dan Nikmatnya. Terutama hasil bumi yang sangat melimpah dan kita senantiasa diberikan kesehatan, pungkasnya.
(Yusron)

1 Likes

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.