Jakarta Bicara – MSM Group Daerah Penambahan BTS, Durian Runtuh Bagi UMKM

Penambahan BTS, Durian Runtuh Bagi UMKM

JakartaBicara, NTT – Base Transceiver Station/BTS yang telah memadai berdampak pada usaha mikro kecil dan menengah/UMKM di Kota Kupang dan sekitarnya, salah satunya JoBaltz cel, sebuah outlet usaha tempat penjualan pulsa di Keluarahan Kolhua, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur mendapat penghasilan signifikan atas penjualan produk – produk uanggulan dari PT. indosat ( Ooredoo Hutchison atau IOH) baik IM3 dan 3. Hal ini disampikan pemiliknya Marthin Yong kepada media ini pada outlenya, Rabu 06 Desember 2023 malam.

Menurut Ikhson sapaan akrabnya dalam tahun 2023, hasil penjualan dari produk Indosat dan edukasi darinya cepat diterima oleh para pelanggan.

“Saya tahun ini jujur punya keuntungan kayak durian runtuh, gara-gara penjualan IM3 begitu meningkat, ini sebenarnya efek dari jaringan indosat yang begitu kuat karena banyak penambahan BTS juga memberikan pelayanan jaringan yang sudah mencapai maksimal. Sehingga saya juga mampu memberikan edukasi serta meyakinkan kepada seluruh pelanggan. Kelebihan – kelebihan produk indosat yang saya sampaikan terbukti. Sebenarnya ini soal edukasi kepada para pelanggan, bukan kita omong doang tetapi terbukti jaringannya kuat dan murah. Biasanya keuntungan bersih khusus untuk IM3 ini sertus ribu lebih rupiah setiap hari, namun sekarang sudah lima ratus ribu bahkan lebih sampai saya harus kerepotan. Ini benar-benar anugerah dari Tuhan untuk keluarga saya.”

Suami dari Anita Hamka juga menjelaskan ini adalah hasil dari para pimpinan Indosat yang menerima masukan – masukan dari para pelanggan termasuk dirinya, sehingga bukan saja meraih keuntungan namun juga membantu masyarakat.

“Setiap kali sales bahkan pimpinan indosat di kupang yang beberapa kali berkesempatan mengunjungi outlet kita, saya selalu dengan keras mengkritik mereka karena yang lebih dekat dan paham tentang kemauan pelangan itu kita. Produk-produk kalian ini bagus-bagus tetapi bagimana kalalu jaringanya ini susah atau putus-putus bahkan beberapa titik itu tidak terjangkau jaringan indosat, Belom lagi promosi yang kurang sekali. Akhirnya terbuti sekarang ketika sudah banyak dibangun BTS juga promosi yang bagus terutama edukasi kepada masyarakat atau pelanggan dengan baik, hasilnya sekarang terbukti. Keuntungan ini bukan hanya untuk indosat sendiri tetapi sangat membantu kami para pelaku usaha UMKM. Selain kita mendapat keuntungan yang lebih, bahkan baru – baru ini saya berhasil mendapatkan penghargaan pemenang program IM3 Trip Yogyakarta 2023 Tanggal 28 sampai dengan 30 November 2023”.

Secara sukarela juga Ikhson membantu IM3 dengan membuat Promo dengan kalimat ajakan menggunakan bahasa setempat “Kini jaringan internet mulai kincang oo, Beta Sa Su Pake ni, IM3, Ayo Suu Katong Ganti Kartu Sa Kaka Sayang”.

Namun beliau juga mengkritisi indosat kekurangan tim marketing, harus dibedakan antar sales dan marketing.

“Dalam hal mengedukasi pelanggannya butuh mareting karena sales bawa prodak penjelasan sepintas saja, jadi butuh tim marketing yang beda dengan sales. Sehingga marketing bisa menjelaskan secara baik ke kita, selanjutnya kita yg teruskan ke pelanggan jadi kita outlet ini penting sekali butuh penjelasan yang lengkap. Orang mau beli atau tidak itu hal lain, jika dijelaskan orang tidak mau beli, dinggap kita tidak mampu. Tapi kita mampu menjelaskan kelebihan dari setiap produk dan orang tertarik disitu kita menang dan punya kebanggaan sendiri”.

Pria 44 Tahun ini juga berbagi kisah sukses merintis usahanya dengan keberanian serta ketekukan serta campur tangan Tuhan.

“Karir saya mulai dengan bekerja dibeberapa perusahaan bahkan lama juga sebagai tukang ojek. Namun setelah berdiskusi dengan istri, melihat peluang saya coba membuka usaha konter pulsa ini dengan kondisi seadanya hanya bermodalkan keberanian dan ketekunan. Puji Tuhan dengan berkatnya Doa dari Orang tua dan campur tangan Tuhan, hasil mejalani usaha ini dalam waktu dua tahun saya mampu membeli sepeda motor dan tahun ke empat saya mampu membeli mobil. Semua orang dan bertanya kok bisa?? Saya katakan ya Bisa karena terbiasa. Terbiasa dari hak kecil misalnya biasa menjaga hubungan baik dengan pelanggan, bisa menjual produk menjadi lebih bagus dan memasarkan pekerja dengan baik. Puji Tuhan semua yang saya dapatkan tidak ada warisan harta dari orang tua, selain pendidikan formal dan sikap. Ungkapnya dengan nada syukur.

Ayah dari Johanes dan Baltasar ini juga mengajak para pelaku usaha yang sama untuk tekun menjalani usaha pasti sukses. Juga kepada para generasi muda untuk belajar berwirausaha dan jangan berharap kerja dikantor saja sementara kerja seperti usaha outlenya bisa memberikan kehidupan yang lebih baik (Erasmus Nagi Noi)

2 Likes

Author: admin